Zionis Tangkap 14 Palestina di Gerbang Beit Hanun

Pusat HAM Palestina “MIZAN” menyebutkan bahwa pasukan penjajah Zionis telah menangkap 14 orang Palestina saat mereka berupaya melewati gerbang perlintasan Beit Hanun “Erez” di utara Jalur Gaza, sejak awal tahun 2013. Di antaranya ada 8 pasien dan pendampingnya saat berusaha ke rumah sakit di wilayah Tepi Barat.  

MIZAN Center menyatakan, kasus penangkapan terakhir terjadi pada warga Nu’man Ali Ahmad Raihan (40) pada hari Selasa (15/10) lalu, saat korban mendampingi ibunya yang sakit radang persendian hendak berobat ke rumah sakit di al Quds.

MIZAN Center menegaskan, otoritas penjajah Zionis terus memperketat blokadenya terhadap Jalur Gaza dan mencegah warga sipil mendapatkan haknya untuk bepergian. Pihak Zionis memanfaatkan kebutuhan warga untuk bepergian berobat di rumah sakit Tepi Barat dan di dalam wilayah green line, untuk menangkap mereka dan pendampingnya atau menekan mereka dan membuatnya mati perlahan.

Patut disebutkan bahwa gerbang Beit Hanun merupakan satu-satunya jalan keluar bagi para pasien Jalur Gaza yang tidak tersedian pengobatan di rumah sakit Jalur Gaza. Terlebih setelah berulangnya penutupan gerbang Rafah dan pengetatan prosedur yang diberlakukan pihak Mesir di gerbang Rafah.

MIZAN Center minta masyarakat internasional turun tangan segera dan aktif untuk menghentikan pelanggaran-pelanggaran nyata yang dilakukan pihak Zionis terhadap prinsip hukum kemanusiaan internasional dan prinsip-prinsip HAM. Agar bisa menjamin para pasien dan penduduk Jalur Gaza lainnya yang membutuhkan perawatan kesehatan dan juga kebutuhan dasar lainnya bisa segara ke rumah sakit di luar Jalur Gaza.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *