Zionis Serukan Bangun Sinagog Yahudi di Masjid Al-Aqsha



Nazareth – Para aktivis dari sayap kanan Zionis menyerukan dibangunnya sinagog Yahudi di Masjid Al-Aqsha dan membukanya bagi ritual doa orang Yahudi.

Koran Jerusalem Post berbahasa Ibrani melaporkan dalam edisi yang terbit hari Selasa (05/03) bahwa “sekelompok besar aktitivis ‘Israel’ meyerukan kepada pemerintah, pada hari Ahad lalu (05/03) agar dibangun sinagog di tanah suci, dan membukanya bagi ritual doa orang Yahudi.”

Koran tersebut melaporkan bahwa para pemimpin kelompok ekstrimis sayap kanan melakukan pertemuan hari Ahad lalu untuk mencari tempat sebagai tanda yang menunjukkan keberadaaan ‘sinagog’ di dalam tanah suci Masjid Al-Aqsha.

Masjid Al-Aqsa dalam beberapa pekan terakhir ini telah menyaksikan situasi yang menegangkan setelah polisi ‘Israel memasang rantai besi dan gembok di gerbang besi, yang mengarah ke pintu Ar-Rahmah di sisi timur Masjid Al-Aqsa.

Sebelumnya pihak kepolisian ‘Israel’ telah mengunci pintu Ar-Rahmah pada tahun 2003 dengan dalih dipergunakannya oleh organisasi yang ilegal dan sejak saat itu perintah penguncian terus diperbaharui, meski Dewan Wakaf Islam di Yerusalem telah meminta agar pintu itu dibuka kembali.

Dua pekan lalu, Departemen Wakaf Islam di Yerusalem, yang bertanggung jawab untuk mengelola hal-hal terkait Masjid Al-Aqsa dan berafiliasi kepada Kementerian Wakaf Yordania, membuka Musholla Pintu Ar-Rahmah bagi para jamaah sholat.

Tetapi polisi ‘Israel’ bereaksi dengan mengeluarkan perintah pengasingan dari Masjid Al-Aqsha, terhadap para pejabat Departemen Wakaf Islam dan para  penjaga masjid, untuk masa mulai dari satu pekan hingga beberapa bulan (i7).

—————————
Sumber: www.palinfo.com, terbit: 05/03/2019, jam: 01:33: 48 siang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *