Zionis Lancarkan Operasi Penggeledahan dan Penangkapan Meluas di al Quds

Polisi dan aparat keamanan Zionis, Sabtu (28/9), terus melancarkan penggeledahan dan penangkapan secara meluas di kota al Quds dan perkampungannya. Sebanyak 29 pemuda ditangkap dalam dua hari terakhir.

Sejumlah pelajar dan pemuda yang ikut dalam aksi unjuk rasa dan pawai dijalan Sultan Sulaiman ditangkap pada hari Jum’at (27/9), usai shalat Jum’at. Penangkapan juga terjadi terhadap para pemuda Palestina di perkampungan Kota Tua dan khususnya di pintu Hitha, kampung Qaumi, daerah al Wad, Aqabah Khalidiyah dan Harah Sadiyah.

Para serdadu Zionis juga menduduki atap-atap rumah yang menghadap ke masjid al aqsha dan perkampungan dekat masjid sehingga mereka bisa mengambil gambar dan menangkap sejumlah pemuda dan menyerang mereka dengan brutal.

Sumber-sumber di al Quds menyebutkan para pemukim pendatang Yahudi dan polisi Zionis menduduki atap rumah-rumah di Kota Tua dan menggunakan rumah-rumah warga sebagai menara pengawas untuk mengintimidasi siapa saja yang melakukan aksi unjuk rasa.

Otoritas Zionis membuat jalur untuk para pemukim pendatang Zionis berjalan di atas pasar-pasar dan perkampungan Palestina di Kota Tua, terutama di lorong asy Syaraf yang sekarang ini disebut dengan “kampung Yahudi”. Di mana rumah-rumah di kampung ini berada di ketinggian sementara pasar-pasar Palestina berada di lokasi yang rendah. Sehingga sitiap orang yang keluar dari rumah langsung melihat pasar-pasar Palestina.

Selanjutnya mereka membangun banyak rumah padat dan tinggi. Bila tidak tersedia area untuk membangun, mereka membangun di atas tanah dan fasiltias Palestina dengan menguasai toko-toko secara keamanan dan ekonomi. Dari atas bangunan-bangunan ini mereka melancarkan serangan ke warga dan pasar-pasar Palestina yang sudah ada sejak zaman Turki Utsmani.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *