Yordania Tolak Proposal Konfederasi Dengan Tepi Barat


Amman –  Yordania menolak proposal Amerika kepada Otoritas Palestina tentang pembentukan konfederasi dengan Amman, yang mana Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas telah mengumumkan penerimaannya dengan syarat partisipasi “Israel” dalam proposal ini.

“Gagasan konfederasi antara Yordania dan Tepi Barat ditolak dan tidak diterima untuk dibicarakan,” kata juru bicara Pemerintah Yordania Jumana Ghunaimat kepada surat kabar Yordania Amoun pada hari Ahad.

Ghunaimat menegaskan hak rakyat Palestina untuk mendirikan negara merdeka di atas tanahnya berdasarkan batas tahun 1967.

Abbas telah mengungkapkan hari ini saat menyambut delegasi “Israel” di kantornya di Ramallah, tentang presentasi Jared Koechner menantu Presiden AS Donald Trump, dan utusan AS untuk proses perdamaian di TImur Tengah Jason Greenblatt, tentang rencana politik yang yang berfokus pada konfederasi dengan Yordania.

Abbas mengatakan: “Saya telah menyatakan persetujuan atas proposal Amerika ini, akan tetapi saya mensyaratkan agar ini menjadi tripartit, dalam arti bahwa  Israel” menjadi satu pihak, disamping, kami pihak Palestina, dan Yordania (…). Sebagaimana saya juga menyepakati dilakukannya pertukaran tanah.”

Washington sedang melakukan sentuhan akhir sebelum mendeklarasikan “Kesepakatan Abad Ini”, di mana Yordania menghadapi serangkaian tekanan yang berat untuk bisa meloloskannya (i7).

————————

Sumber: www.palinfo.com, terbit: 02/09/2018, jam: 07:56:38 malam.

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *