Yordania Serukan Dunia Untuk Tepati Komitmen Ke Pengungsi Palestina

aspacpalestine.com – Amman. Yordania menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi keuangan UNRWA serta penurunan kualitas dalam memberikan pelayanan yang mendasar ke pengungsi Palestina. Keprihatinan tersebut disampaikan sehubungan meningkatnya permintaan terhadap layanan UNRWA dan tidak adanya kestabilan politik di daerah tersebut.

Pemimpin delegasi Yordania menyerukan Direktur Urusan Palestina, Ir Yasin Abu ‘Iwad dan negara pendonor untuk menepati komitmen keuangan terhadap badan tersebut. Komitmen tersebut dianggap sebagai bagian dari tanggungjawab dunia terhadap permasalahan Palestina, hingga ditemukan solusi permasalahan Palestina. Hal tersebut sesuai dengan resolusi PBB, khususnya resolusi 194.

Abu ‘Iwad dalam perkataanya kepada negara arab menjadi tuan rumah untuk para pengungsi Palestina dan liga arab, saat penutupan pertemuan penasehat UNRWA, menegaskan pentingnya tidak membebankan keuangan tambahan kepada negara arab yang menjadi tuan rumah pengungsi dan tidak menjadikan pendanaan arab ke UNRWA menjadi alternatif pendanaan negara pendonor.

Abu ‘Iwad mencatat bahwa pengungsi Palestina mengalami ketidakadilan dan tidak adanya keadilan dari masyarakat internasional serta melupakan perjuangan mereka. Dia menekankan bahwa kelanjutan masalah pengungsi Palestina tanpa adanya solusi adil. Dia menyerukan kepada masyarakat internasional untuk memberikan kemungkinan keuangan yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan UNRWA. Hal itu agar adanya kelanjutan tugas-tugas kemanusiaan dalam rangka mengurus lebih dari 5 setengah juta pengungsi Palestina. Pengungsi Palestina masih menjadi unsur dasar dalam konflik Arab-Israel.

 

Sumber: alrai.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *