Yerusalem dan Kejatuhannya: Penyebab dan Konsekuensi Perang (Bagian-2 Dari 6)

Pada 5 Juni 1967, Israel melancarkan perang melawan tiga negara tetangga Palestina, Yordania, Suriah dan Mesir.

Perang ini disebabkan oleh beberapa peristiwa antara lain tuntutan Mesir agar PBB menarik pasukannya dari Sinai, dan militer Mesir memobilisasi pasukannya ke Sina. Lalu Mesir menutup Selat Tiran (jalur perairan antara Teluk Aqaba dan Laut Merah) dalam rangka menghadapi navigasi yang dilakukan “Israel”.

Penyebab lain yang memicu peperangan juga adalah kesungguhan Mesir dalam mempersenjatai dirinya di era Presiden Gamal Abdel Nasser dan berdirinya Organisasi Pembebasan Palestina.

Perang berlangsung dari tanggal 5 Juni hingga 10 Juni.  Kemudian Dewan Keamanan PBB mengadopsi Resolusi No. 236 yang mengutuk setiap pergerakan oleh pasukan yang bertempur setelah tanggal tersebut. Sampai di sana Penjajah Zionis berhasil meluaskan wilayah jajahannya menjadi tiga setengah kali lipat dibanding wilayah yang dikuasainya tahun 1948. Ini menyebabkan terampasnya sekitar 80.000 km2 dari tanah negeri Arab termasuk Sinai, Dataran Tinggi Golan, dan Jalur Gaza, dan Tepi Barat yang di dalamnya terdapat Yerusalem Timur.

————-

Sumber: www.aljazeera.net, terbit: 03/06/2018.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *