Yayasan Swedia Berikan Hadiah Nobel Alternatif Pada Aktifis HAM Palestina

Yayasan Wright Awilhwood Swedia memberikan penghargaan “Alternative Nobel Prize” kepada pengacara Raji Sourani, direktur Palestina Pusat Hak Asasi Manusia atas dedikasinya di bidang hukum di Palestina.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dedikasi yang kuat terhadap supremasi hukum dan hak asasi manusia dalam kondisi yang sulit sekalipun.”

Menurut jadwal penghargaan ini akan disampaikan pada Souroni dan ketiga teman lainya dalam sidang Parlemen Swedia yang akan digelar pada Desember mendatang. Kedua temanya yang juga mendapatkan hadiah nobel adalah, Paul Walker Alatiri berkebangsaan Amerika atas kerja kerasnya untuk membebaskan dunia dari senjata kimia, lalu Dennis Mokooij berkebangsaan Kongo atas keberanianya dalam menangani perempuan korban kekerasan seksual pada saat perang di negaranya, Swiss Hans Herren dari Swiss atas pengalaman dan kepeloporannya dalam mempromosikan pasokan pangan global yang aman, terjaga dan permanen.

Para finalis dipilih dari 94 calon di 48 negara. Perlu disebutkan, penghargaan ini diberikan kepada pemilik bisnis dalam masalah kesehatan inspirasi, hak asasi manusia dan keadilan sosial.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *