Video: Warga Yerusalem Dilarang Sholat di Masjid Al-Aqsha

Pada bulan Ramadhan, warga Palestina amat bersemangat untuk melaksanakan ibadah mereka di Masjid Al-Aqsa, tapi Otoritas Penjajah melarang sebagian warga untuk bisa menjalankan hak mereka ini. Larangan ini tidak hanya berlaku bagi warga Palestina yang berasal dari Gaza dan semua orang yang berasal dari Jalur itu, tapi juga berlaku terhadap warga Yerusalem yang tinggal beberapa langkah saja dari Masjid Al-Aqsha.

Hanadi al-Halawani menyadari bahwa dia tidak akan pernah bisa memasuki Masjid Al-Aqsha, namun tetap saja setiap malamnya dia pergi ke titik terdekat di mana dia dapat shalat di sana, untuk menjalani hari-harinya yang harus berjauhan dari masjid, tanpa lepas matanya melihat orang-orang yang selalu mengawasinya untuk bisa masuk ke Masjid.

Ini bukanlah kali pertama, tapi sejak sekian tahun berlalu dia menerima berbagai perintah pengusiran satu persatu. Dia menggambarkan pengusirannya dari Masjid Al-Aqsha di bulan Ramadhan bagaikan pengusirannya dari masuk ke dalam surga.

Di satu pojokan lainnya di dekat Bab Al-Asbath, para jamaah lainnya sedang melaksanakan  shalat isya di ambang batas Masjid Al-Aqsha. Para karyawan dari Departemen Wakaf Islam juga dijauhkan atau dilarang masuk masjid juga selama beberapa bulan atas perintah dari Otoritas Penjajah, termasuk diantara mereka adalah penjaga Masjid Al-Aqsa Fadi Alian.

Hanya berjarak beberapa meter saja yang memisahkan orang-orang terlarang masuk itu dari halaman Masjid. Penjajah Zionis menuduh mereka telah melanggar kesucian masjid dengan aksi-aksi kerusuhan, maka dilaranglah mereka dari saat-saat yang hari-harinya penuh dengan keberkahan ini. Bukan karena alasan apapun kecuali karena mereka bersikeras untuk menjaga Kiblat Umat Islam yang pertama ini. (i7)

———–

Sumber: www.aljazeera.net, terbit: 26/05/2018.

, , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *