UU Israel Berlakukan Denda Uang bagi Gerakan BDS

aspacpalestine.com – Palestina. Komite Kementerian Israel untuk urusan Undang-Undang (UU), menyetujui UU yang memperbolehkan menangkap aktivis-aktivis BDS internasional serta memberlakukan denda uang terhadap aktivis tersebut, Ahad (5/11/2017)

Saluran 7 televisi Ibrani menjelaskan bahwa undang-undang tersebut mengizinkan Israel menganggap dirinya dirugikan oleh tindakan-tindakan BDS. Undang-undang tersebut menuntut kompensasi dana terhadap aktivis BDS, tanpa perlu membuktikan kebenaran kerugian yang dialami oleh Israel.

Undang-undang tersebut akan diajukan ke Parlemen Israel “Knesset” untuk mendapatkan persetujuan akhir. Kelompok-kelompok sayap kiri Israel mengklaim bahwa pemboikotan terjadi di sektor kebudayaan, akademik, ekonomi di wilayah Palestina terjajah dan segera memerlukan tindakan hukum.

Sebelumnya, “Knesset” telah menyetujui UU yang asli pada tahun 2011. Namun, Mahkamah Tinggi Israel membatalkan UU yang berkaitan dengan kompensasi uang bagi tergugat, tanpa pembuktian kerugian tersebut.

Di dalam teks yang baru diputuskan pada hari Ahad lalu, Israel mengubah butir kerugian yang dibatalkan oleh Mahkamah Tinggi Israel. Israel menetapkan batas atas jumlah kompensasi yang dituntut.

Sesuai dengan undang-undang yang dirubah: maka setiap pihak yang menyerukan dan mendorong BDS terhadap Israel atau lembaganya atau personalnya, maka pihak tersebut akan dikenakan kompensasi keuangan sebesar 100 ribu syekel (sekitar 29 ribu dolar) tanpa bukti adanya kerugian. Lalu, 500 ribu syekel (150 ribu dolar) jika ada bukti terjadinya kerugian akibat BDS.

 

Sumber: qudspress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *