Uni Eropa Serukan “Israel” Hormati Tempat Suci dan Cabut Blokade

Brussels – Uni Eropa menyerukan “Israel” agar menghormati masjid al Aqsha dan tempat-tempat suci di al Quds. Uni Eropa mengungkapkan “kekhawatiran yang sangat” atas perkembangan yang terjadi belakangan ini di kawasan.
 
Dalam pernyataan yang dikeluarkan pasca pertemuan menlu Uni Eropa, Senin (17/11), di ibukota Belgia Brussels, Uni Eropa meminta otoritas Zionis untuk tidak menggunakan kekerasan selama menghadapi konfrontasi yang terus berlanjut dengan Palestina. Uni Eropa  mengingatkan bahwa kekerasan akan berakibat pada ketidak stabilan di kawasan.
 
Para menlu Uni Eropa menyerukan kepada Yordania, sebagai pihak yang diberi mandate untuk menjaga tempat-tempat suci di al Quds, untuk mengambil langkah-langkah nyata sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangani dengan “Israel”, demi menekan ketegangan di kawasan.
 
Uni Eropa sangat khawatir dengan niat “Israel” melanjutnya pembangunan permukiman Yahudi di kawasan timur al Quds dan Tepi Barat yang berada di wilayah Otoritas Palestina. Para menlu Uni Eropa menyatakan bahwa mereka akan menggunakan langkah-langkah baru demi menjaga solusi yang menjamin terwujudnya dua negara tersebut di kawasan.
 
Uni Eropa juga menyerukan “Israel” agar mencabut blokade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza. Disebutkan bahwa komitmen Palestina dan “Israel” pada solusi dua negara berdampak positifp bagi hubungan keduanya dengan Uni Eropa.  (palinfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *