Turki Serahkan Surat Tanah Utsmaniyah Palestina

Toko Nablusi yang berada di jalan Al-Saraya memiliki koleksi ratusan artefak yang menjadi saksi sejarah Palestina, seperti passpor, buku akunting, dokumen pemerintah, atau bahkan rokok di era Utsmaniyah.


Pemerintah Turki telah menyerahkan salinan elektronik surat sah tanah Palestina dari arsip Utmaniyah, demikian seperti dilansir oleh Quds Net News hari ini (10/02), yang mengomentari bahwa dokumen itu akan membantu rakyat Palestina melawan pemukiman ilegal negara Zionis.

Menurut media Palestina tersebut, arsip yang terdiri dari 36.000 halaman itu tercakup di dalamnya perincian tentang kepemilikan tanah rakyat Palestina selama masa lima abad pemerintahan Utsmaniyah di Palestina.

Dokumen tersebut disimpan oleh Mithaq, Organisasi Riset Warisan dan Penelitian Keislaman Palestina di Abu Dis kota yang bersebelahan dengan Baitul Maqdis.

Pasukan penjajah Zionis telah mencuri sejumlah besar tanah Palestina untuk membangun pemukiman ilegal yang menampung hampir 500.000 pemukim (Yahudi) di Tepi Barat yang dijajah dan 220.000 di kota Baitul Maqdis yang dijajah (i7).

——————

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 10 Februari 2020, pukul: 11:59.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *