Turki Berkabung 3 Hari Untuk Korban Pembantaian di Gaza

Presiden Turki Receb Tayyib Erdogan menyatakan berkabung nasional di Turki selama tiga hari dimulai hari ini, Selasa (15/5), sebagai bentuk solidaritas Turki untuk rakyat Palestina dan menghormati para syuhada yang gugur dalam pembantaian kemarin.

Dalam pernyataan yang disampaikan dari ibukota Inggris, London, Senin (14/5), terkait pembantaian yang dilakukan pasukan penjajah Zionis di perbatasan timur Jalur Gaza, Erdogan mengatakan, “Kami umumkan berkabung nasional selama tiga hari mulai besok (15/5) di negara Turki sebagai bentuk solidaritas untuk saudara-saudara kami di Palestina.”

Erdogan menegaskan tekad Turki untuk membela Palestina, dengan menggelar aksi massa besar-besaran menentang kedzaliman pada hari Jum’at yang akan datang di kota Istanbul.

Dia menyebutkan bahwa OKI akan melakukan kampanye penggalangan dana untuk Palestina di negara-negara anggota selama bulan Ramadhan.

Sejak Senin pagi, ribuan warga Palestina melakukan aksi di sejumlah lokasi di sepanjang pagar perbatasan timur Jalur Gaza. Mereka memprotes pemindahan kedubes Amerika dari Tel Aviv ke al-Quds atau Yerusalem, sekaligus memperingati 70 tahun Nakbah Palestina (prahara kemanusiaan yang menimpa rakyat Palestina sejak diusir dari tanah airnya tahun 1948).

Sampai saat ini sudah 60 rakyat Palestina yang syahid sejak kemarin sampai hari ini. Sementara itu lebih dari 2771 lainnya terluka. Demikian menurut data dari Kementrian Kesehatan Palestina. (LB)

#Nakba70
#GreatReturnMarch
#JerusalemIsTheCapitalOfPalestine

, , , , , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *