Tawanan Wanita Palestina di Penjara Damoun Sangat Memprihatinkan

Oleh: Lulu Basmah

Para tawanan wanita Palestina di Penjara Damoun menghadapi kondisi hidup yang keras karena kondisi penjara yang buruk dalam segala hal. Tentara Zionis memperlakukan para tawanan dengan kasar, terutama saat menanggapi tuntutan mereka untuk lebih berprikemanusiaan. Sebagaimana dipaparkan Yayasan Mahjatuh Al-Quds untuk Para Syuhada dan Tawanan.

Para tahanan menjelaskan, bahwa mereka berada dalam kondisi sangat buruk di penjara Damoun, karena kurangnya penerangan dan kelembaban yang tinggi. Sementara pihak penjara tidak pernah menanggapi permintaan dan kebutuhan mereka.

Dalam suratnya mereka menyebutkan, banyak sekali kebutuhan dan kepentingan yang diperlukan mereka. Namun pihak penjara menolaknya dan tidak menanggapi permintaan mereka. Tuntutan mereka diantaranya, minta waktu khusus untuk cuci kakus. Toilet terletak di luar penjara tanpa sekat yang bertentangan dengan privasi mereka dan waktu yang diberikan sangat sebentar.

Terkait dengan fasilitas kamar tahanan, dimana penuh dengan besi berkarat yang sudah sangat tua dan hanya ada satu dipan yang sudah usang dan rusak, tidak cukup untuk berpuluh orang dalam satu sel.

Mereka juga mengeluh tentang waktu kunjungan orang tua dan keluarga mereka yang sangat sulit, bahkan sangat langka diberikan.

Selain itu, mereka juga mengeluhkan tentang pemasangan kamera di tempat-tempat privasi mereka. Dan mereka dilarang saling berbicara di dalam sel. (LB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *