Tahanan Tertua Palestina Fouad Al-Shoubaki Dipindahkan ke Rumah Sakit


Ramallah – Ketua Komite Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina, Qadri Abu Bakr, mengatakan bahwa dinas penjara negara Penjajah Zionis telah memindahkan tahanan Mayjen Fuad Al-Shobaki pada hari Selasa ke Rumah Sakit Barzillai untuk operasi mata.

Abu Bakar, dalam sebuah pernyataan pers, menjelaskan bahwa Shobaki telah lama mengeluhkan rasa sakit di matanya, dan telah berulang kali meminta untuk dilakukan operasi.

Menurut keterangannya, dinas penjara Penjajah Zionis telah menunda-nunda dalam proses untuk itu dan dalam memberikan perawatan yang diperlukannya, hingga tiba pada keputusan untuk dilakukan operasi pada hari ini.

Dijelaskannya bahwa Al-Shoubaki telah berusia 80 tahun dan membutuhkan perhatian medis dan perawatan khusus

Dia menjelaskan bahwa pengacara Komite telah minta dilaksanakan pengadilan banding pada tanggal 30 bulan ini, untuk meringankan hukumannya karena alasan usia dan penyakit yang dideritanya.

Al-Shoubaki dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dan telah ditahan sejak tahun 2006. Dia menderita penyakit di lambung dan menjadi sasaran pelalaian medis seperti tahanan lainnya.

Dia menjelaskan bahwa banyak dari para tahanan itu yang membutuhkan operasi mendesak, tetapi dinas penjara tidak mengizinkannya untuk mereka. Pada kasus lain, operasi sudah tidak berguna lagi, karena memburuknya kondisi kesehatan mereka.

Pengadilan militer Ofer memutuskan pada September 2015 untuk mengurangi tiga tahun masa tahanan Al-Shoubaki menjadi 17 tahun, bukannya 20 tahun, setelah mengajukan lebih dari satu kali banding dengan dalih kondisi kesehatannya yang memburuk.

Pernah di bulan Mei tahun lalu dilaksanakan satu sidang untuk meninjau ulang hukuman yang dijatuhkan terhadap dirinya, dan itupun ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan.

—————-

Sumber: www.palinfo.com, terbit: Selasa 5 November 2019 pukul 06:16 sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *