Suriah Protes ke PBB atas Pemilu ‘Israel’ di Dataran Tinggi Golan yang Terjajah

Kemenlu Suriah telah mengirimkan dua surat kepada pimpinan PBB dan Presiden DK-PBB berisikan protes atas dilangsungkannya pilkada di Dataran Tinggi Golan yang dijajah, seperti dilansir oleh Sputnik hari ini (31/10).

Kantor Berita Suriah SANA melaporkan bahwa menteri Suriah tersebut mendesak badan-badan internasional untuk mengambil langkah-langkah menentang “yahudisasi” wilayah territorial Suriah yang dijajah.

Di dalam kedua surat tersebut, pemerintah Suriah menyatakan bahwa penjajah ‘Israel’ telah menetapkan pilkada “Majlis Daerah” di  Majdal Shams, Bukata, Mas’ada dan Ein Qinya di Dataran Tinggi Suriah yang dijajah.

Pemerintah Suriah menekankan bahwa ini bertentangan dengan beberapa resolusi PBB dan beberapa kesepakatan Jenewa di wilayah yang berada di bawah penjajahan itu.

Pilkada telah berlangsung kemaren dengan orang-orang Druze di Dataran Tinggi Golan berusaha untuk memblokade pos-pos penarikan suara di Majdal Shams.

Polisi Israel menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan masa untuk memberikan jalan bagi para pemberi suara. Polisi kemudian membenarkan bahwa mereka telah mempergunakan “cara-cara khusus” untuk membubarkan ratusan orang demonstran.

“ Selama beberapa pekan terakhir, warga Suriah telah mengorganisir aksi protes untuk menolak pilkada tersebut ….. Mereka membakar kartu-kartu penarikan suara milik mereka dan mengutuk upaya-upaya yang dilakukan pasukan penjajah ‘Israel’ yang memaksakan undang-undang ‘Israel’ terhadap diri mereka,” kata Menlu Suriah di dalam surat tersebut.

“Sebagai satu contoh dari aksi barbar ‘Israel’, otoritas penjajah telah memobilisasi tentara untuk menekan pawai-pawai protes, dan menembakan gas beracun di kota Majdal Shams dimana jatuh korban pingsan dari kalangan anak-anak, manula dan wanita saat terjadi konfrontasi dengan pasukan penjajah ‘Israel’,” tulis Menlu Suriah (i7).

——————————-

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 31/10/2018 – 11:47 siang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *