Space Salam UI Pererat Hubungan dengan ASPAC for Palestine

Senin (23/4/2013) kantor ASPAC for Palestine kehadiran tamu dari rekan-rekan mahasiswa lembaga kajian Palestina di Universitas Indonesia dengan nama Salam Palestine Center (SPACE).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua SPACE, Muhammad Iqbal merupakan kunjungan kedua, setelah sebelumnya hadir sebagai undangan dalam acara perdana PFGD (Palestine Focus Group Discus) yang digelar oleh ASPAC for Palestine pada tanggal 11 Februari 2013 lalu.

Dihadapan para pengurus harian ASPAC for Palestine, Iqbal menyampaikan tujuan kehadiran mereka, yakni disamping untuk bersilaturrahim juga untuk memperdalam pemahaman mereka terkait permasalahan Palestina.

Selama ini Iqbal merasa kajian yang sudah berjalan di dalam organisasinya masih terasa kurang. Padahal ada misi besar yang diemban yakni memahamkan kepada mahasiswa di kampus tentang permasalahan Palestina.

Hal yang perlu dipahami menurut Iqbal adalah sudut pandang permasalahan Palestina dari berbagai segi seperti agama, HAM dan lain sebagainya. Dan SPACE dalam hal ini melihat ASPAC sangat berkompeten dalam bidang tersebut. 

Kunjungan ini disambut hangat langsung oleh ketua ASPAC for Palestine, Dr. Saiful Bahri, MA. Diawal sambutannya, Saiful lebih dulu memperkenalkan profil lembaga ASPAC for Palestine, yang pada initinya merupakan bagian dari Aliansi Lembaga Internasional untuk Menyelematkan Palestina yang mewakili kawasan Asia-Pacific.

Saiful menjelaskan bahwa dalam perjalanannya ASPAC banyak mengikuti event internasional. Baik konferensi, seminar dan lain sebagainya. Dalam waktu dekat misalnya, ASPAC akan mengutus delegasinya untuk mengikuti acara Festival Film Palestina di Malaysia yang digelar oleh salah satu lembaga internasional, Viva Palestine di Malaysia sekitar pertengahan bulan Mei mendatang.

Sedangakan untuk lingkup Indonesia, ASPAC hadir sebagai lembaga yang meranggul berbagai macam ormas, organisasi dan perkumpulan lainnya untuk sama-sama memperjuangkan Palestina dan berharap agar masing-masing lembaga tersebut memiliki sayap divisi yang intens dalam memperjuangkan Palestina.

Ketua Aspac yang baru beberapa hari tiba dari Jalur Gaza bersama rombongan artis Opick dan lembaga KNRP (Komite Nasional untuk Rakyat Palestina) ini dalam kesempatan tersebut juga berbagi cerita terkait kunjungannya dari wilayah yang masih berada dalam blokade Zionis penjajah itu.

Diantara hal menarik yang membuatnya kagum adalah ketegaran yang dimiliki oleh para penduduk di Jalur Gaza yang tidak menampakkan rasa pesimis dalam menjalani hidup di tengah berbagai himpitan. Bahkan ia menemukan sekelompok relawan asal Spanyol yang menjadi aktivis penyelamatan para nelayan di sana yang berada di pantai-pantai Jalur Gaza memperjuangkan nasib mereka dan menyaksikan secara langsung bagaimana setiap harinya kapal dari para nelayan Palestina itu ditembaki oleh Zionis Israel karena mendekati batasan laut jajahan mereka.

Dipenghujung acara setelah berdiskusi ringan, Saiful Bahri selaku ketua ASPAC for Palestine menawarkan kepada para mahasiswa yang hadir dan memiliki semangat memperjuangkan Palestina untuk bisa bergabung memberikan kontribusinya untuk Palestina bersama ASPAC.

Para anggota Space Salam UI ini menyambut baik tawaran dari pihak ASPAC ini dan berharap ada kerjasama yang lebih sinergis lagi nantinya, seperti memberikan seminar kajian Kepalestinaan di UI dan event-event lainnya bersama SPACE. Silaturahim dan bincang santai ini berlangsung sejak pukul 17.00 Wib dan berakhir bersamaan dengan masuknya waktu sholat Maghrib. (msy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *