Shalat Subuh Padati Al-Aqsha dan Masjid-masjid Palestina


Baitul Maqdis – Hari Jumat ini menjadi saksi betapa luasnya dukungan dari berbagai kota di Palestina untuk menegaskan keislaman Al-Aqsha, dan menghalau berbagai serangan yang dilakukan penjajah terhadap tanah air dan situs-situs suci Islam.

Otoritas penjajah melakukan antisipasi dengan menebar bala tentaranya di kota Baitul Maqdis yang dijajah dan sengaja membuat susah jamaah masjid.

Banjir bandang jamaah setelah selesai menunaikan shalat di ratusan masjid yang ada di Tepi Barat menyerupai ramainya event pameran nasional dimana di dalamnya berkumandang suara takbir dan lagu-lagu kebangsaan.

Sebagaimana juga warga dan DKM-DKM Masjid berinisiatif membagi-bagikan kue dan minuman hangat kepada jamaah dalam cuaca musim dingin ini.

Sebagaimana Masjid Al-Ibrahimi, banjir bandang manusia juga terjadi di Masjid An-Nashr Al-Kabir di Nablus, dimana jamaah mengumandangkan takbir dan tahlil setelah melaksanakan shalat.

Ada beragam inisiatif yang dilakukan warga untuk melayani jamaah antara lain warung-warung yang memberikan hidangan berbuka gratis, kue-kue dan minuman hangat; dan pemuda yang mengatur lalu lintas untuk menghindari kemacetan dan mengatur parkir. Adapula warga yang memberikan layanan kendaraan antar jemput dari-ke masjid bagi yang tidak memiliki kendaraan.

Imam-imam masjid menyampaikan ceramah yang mendorong jamaah untuk bersungguh-sungguh membela Masjid Al-Aqsha dan kota Baitul Maqdis, mengerahkan daya upaya untuk bisa hadir di Al-Aqsha dan membelanya di hadapan para penjajah dan pemukim Yahudi.

Jamaah juga melantunkan doa qunut bagi kemerdekaan Palestina dan persatuan seluruh rakyat Palestina dan Arab serta dunia Islam.

———–
Sumber: www.palinfo.om, terbit: 14Februari 2020, jam: 07:55 pagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *