Sejumlah Negara Eropa Bersiap Kirim Konvoi Armada Baru Ke Gaza

Oleh: Lulu Basmah

Ketua Komite Dukungan Rakyat Internasional untuk Gaza, Issam Yusuf, yang juga ketua konvoi Miles of Smiles, mengungkapkan bahwa saat ini sedang dipersiapkan bersama dengan sejumlah negara Eropa untuk melakukan beberapa kegiatan dalam rangka untuk mengirim armada laut sebagai upaya untuk menembus blokade laut di Jalur Gaza yang diberlakukan penjajah Israel.

Dalam sebuah pernyataan pers, Sabtu (9/2), Yusuf mengatakan, “Ada langkah-langkah yang sedang dilakukan Aliansi Freedom Flotilla untuk membuat mekanisme baru yang akan diumumkan dan diungkapkan dalam beberapa waktu mendatang.”

Diharapkan bulan Juli sudah ada titik terang untuk melaksanakan aksi kelautan ini guna mendobrak blokade di Gaza.

Yusuf menyatakan saat ini sedang dilakukan kordinasi dengan pihak Mesir untuk mengordinasikan masuknya delegasi medis ke Jalur Gaza.

Pihaknya telah menyerahkan daftar kepada pihak Mesir agar sejumlah dokter relawan dari Yordania dan Mesir bisa masuk Jalur Gaza, untuk ribuan warga yang terluka dan membutuhkan pemantauan intensif di berbagai speliasisasi dan juga di tengah ketidakmampuan yang dialami rumah sakit-rumah sakit di Jalur Gaza.

Dia menjelasakan, ada pembicaraan dengan Mesir untuk pasokan obat-obatan ke Jalur Gaza dan diperbolehkannya untuk pasien ke luar negeri lewat perbatasan atau masuknya delegasi medis ke Jalur Gaza.

Terkait dengan konvoi darat, dia menjelaskan bahwa ada kerja sama dengan Mesir yang cukup besar agar bisa melakukan perjalanan konvoi darat ke Jalur Gaza. Saat ini sedang disiapkan delegasi medis yang dibutuhkan warga Palestina di Jalur Gaza. (LB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *