Rencana Zionis Bangun 396 Permukiman Baru di Al-Quds

Berdasarkan laporan dari rencana restrukturisasi utara kota Al-Quds terkait pembangunan wilayah Failul no 396 unit permukiman Zionis di wilayah Bet Hanina, utara Al-Quds di belakang jalan utama permukiman Tel Aviv – Mudiin sebagai bagian tak terpisahkan dari permukiman Ramat Shalomo, jalan yang menghubungkanya dengan wilayah Ramot adalah wilayah terbesar kedua yang berada di perbatasan distrik Al-Quds.

Kholil Tafkaji, pakar pemukiman Zionis kepada PIP mengatakan, rencana ini telah lama mereka gulirkan, namun sempat terhenti. Kemudian pada era pemerintahan Netanyahu, terutama setelah dimulainya perundingan dengan pihak otoritas Ramallah, rencana ini kembali digulirkan, disamping puluhan proyek lainya di wilayah Bet Hanina.

Rencana ini akan menggusur wilayah jajahan tahun 1970 yang diambil alih oleh Zionis yang luasnya, kurang lebih 4850 hektar, dengan dalih akan digunakan untuk kepentingan umum, namun ternyata dipakai untuk permukiman Ramot, wilayah kedua terbesar permukiman Zionis di dalam perbatasan kota Al-Quds yang penduduknya berjumlah 42.000 jiwa.

Ia menambahkan, pihak Zionis senantiasa melakukan provokasi terhadap warga Al-Quds, mulai dari persetujuan rencana restrukturisasi pembangunan dan perluasan permukiman Israel di Tepi Barat dan Al-Quds timur dalam rangka memberangus perbatasan 4 Juni 1967. Pemerintah Zionis juga mengumumkan tentang rencananya yang akan membangun 1500 unit permukiman di ramot Shalomo serta perluasan wilayah tersebut ke arah timur di samping jalan 443 permukiman Zionis.

Pada saat yang sama, menteri perumahan rakyat mengumumkan tentang pembangunan rumah baru di wilayah Kfar Dick, Der Baluth di barat laut Ramallah, dekat Salvet untuk kemudian dihubungkan dengan Der Saman dan menyambung dengan permukiman Baduuil di Kfar Dick.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *