Ratusan Pemukim Yahudi Ikut Pawai Yahudisasi di Seputar Gerbang al Aqsha

Alquds – Ratusan pemukim pendatang Yahudi dan kelompok-kelompok Yahudi, Senin (3/3) petang, dipimpin sejumlah rabi Yahudi, ikut dalam pawai yahudisasi di seputar gerbang masjid al Aqsha. Mereka mengibarkan bendera sambil meneriakkan yel-yel “Bangun Kuil Segera”, mereka mengenakan baju dengan slogan yang sama dan gambar kuil yang mereka klaim akan dibangun di atas msjid al Aqsha.

Yayasan Wakaf al Aqsha menyebutkan bahwa pawai ini dimulai pukul tujuh malam di area al Barak (tembok ratapan) dan bertolak ke daerah pintu Qatanin – Kota Tua – mereka berjoget dan melakukan ritual Talmud di belakang pintu al Aqsha – dari luar. Pawai dilanjutkan ke jalan Elwad – kemudian jalan Mujahidin dan berakhir di pintu al Asbat, diselingi dengan joget dan teriakan yel-yel provokatif melalui pengeras suara.

Pawai ini dijaga ketat oleh pasukan penjajah yang telah menutup jalan-jalan tersebut dan mencegah warga al Quds mendekati jalur pawai.

Yayasan al Aqsha mengatakan, “Pawai ini dalam kerangka kegiatan organisasi-organisasi tersebut untuk menekan pengundangan langkah-langkah pembangunan kuil yang mereka klaim di atas reruntuhan al Aqsha. Juga untuk mengintensifkan penyerbuan ke masjid al Aqsha. Yayasan al Aqsha menyebut pawai ini sebagai provokatif dan yahudisasi. Buktinya, adanya gerakan aktivitas oleh berbagai sayap institusi Israel untuk terus meju dalam pembangunan kuil yang mereka klaim.

Yayasan al Aqsha menegaskan bahwa masjid al Aqsha adalah hak murni kaum muslimin sendiri, tidak akan hak bagi Yahudi sebutir pun tanah di dalamnya. Yayasan al Aqsha menegaskan bahwa kuil yang mereka klaim adalah batil dan tidak ada dalam sejarah. (infopal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *