Radio Israel Ungkap Kunjungan Rahasia Amir Saudi

aspacpalestine.com – Palestine. Koresponden Badan Penyiaran Resmi di Israel, Shimon Aron melansir bahwa Amir Saudi mengadakan kunjungan rahasia ke Israel dalam beberapa hari terakhir. Koresponden tersebut juga menyebutkan bahwa Amir Saudi melakukan pertemuan dengan pejabat senior dalam kunjungannya ke Israel.

Menurut reporter Israel itu, pertemuan Amir Saudi (tidak disebutkan namanya) dilakukan untuk mendorong perdamaian regional ke depan. Kementerian Luar Negeri Israel dan kantor perdana menteri Israel menolak untuk mengomentari berita ini.

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu pada Rabu lalu(6/9/2017) mengatakan bahwa Israel telah berhasil melakukan terobosan di negara-negara Arab dan kerjasama dengan negara-negara ini belum pernah terjadi sebelumnya sejak berdirinya negara Israel. Netanyahu menggambarkan bahwa kerjasama berikut sebagai sebuah perubahan besar.

Selama upacara peringatan tahun baru Yahudi, Netanyahu menjelaskan bahwa ada kerjasama di berbagai tingkat dengan negara-negara Arab yang tidak mempunyai kesepakatan damai dengan Israel. Pernyataan itu menjelaskan bahwa kontak-kontak yang sedang berlangsung ini tidak dapat diinformasikan dan merupakan lebih luas lingkupnya daripada lingkup era pemerintahan sebelumnya dalam sejarah Israel.

Netanyahu mengungkapkan keberhasilan Israel dalam meluaskan hubungan internasionalnya, khususnya dengan negara-negara Amerika Latin.

Jurnalis Israel dalam Urusan Arab, Eran Zinger mengatakan bahwa terjadi perubahan yang nyata dalam hubungan dengan negara-negara Arab, khususnya Uni Emirat Arab dan Saudi dalam beberapa waktu terakhir dengan Israel.

Dia mengungkapkan penyesalannya terhadap tidak adanya ungkapan terbuka dari pemimpin-pemimpin arab untuk memperbaiki hubungan dengan Israel.

 

Sumber: aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *