Qatar Serukan untuk Akhiri Bencana Kemanusiaan di Gaza


Qatar memperingatkan pada hari Kamis (23/08) memburuknya situasi kemanusiaan yang terus berlanjut di Jalur Gaza dan serangan yang dilakukan oleh pasukan Penjajah Zionis terhadap rakyat Palestina yang tidak bersenjata.

Kementerian Luar Negeri Qatar, dalam sebuah pernyataannya hari Kamis, menyerukan diambilnya tindakan efektif oleh komunitas internasional “untuk mengakhiri bencana kemanusiaan ini”, sambil memperingatkan kebisuan dan ketiadaan aksi masyarakat internasional ditengah-tengah potensi meledaknya situasi di Jalur Gaza.

Pernyataan itu menegaskan  “sikap Negara Qatar yang tegas bagi hak-hak rakyat Palestina yang bersejarah sebagai negara independen dengan ibukotanya Yerusalem dan hak pengungsinya untuk pulang kembali ke tanah air asal mereka. Dan bahwa menolak prinsip ini berarti menolak undang-undang internasional.  Ditegaskannya bahwa diplomasi Qatar “”tidak pernah lelah dalam upayanya bekerja melenyapkan blokade yang secara tidak adil diberlakukan terhadap Gaza. ”

Pernyataan itu menegaskan bahwa “sikap Negara Qatar yang tegas terhadap Penjajahan “Israel”, hak rakyat Palestina yang bersejarah, yang telah ditetapkan oleh berbagai resolusi PBB, tidak ada ruang bagi spekulasi dan keraguan bagi orang-orang yang menolaknya, mengingat bahwa mediasi Qatar dilakukan dengan kerelaan dan permintaan pihak Palestina yang senantiasa tegas dalam apresiasinya terhadap berbagai sikap negara Qatar.”

Kementerian Luar Negeri Qatar, dalam pernyataannya, menegaskan bahwa  hak-hak rakyat Palestina secara sejarah, undang-undang, dan kemanusiaan tidak memiliki ruang untuk tawar-menawar, dan bahwa tidaklah menjadi hak pihak manapun untuk mengabaikannya dengan dalih atau alasan apapun. (i7)

————-

Sumber: www.palinfo.com, terbit:  23/08/2018, pukul: 09:33:41.

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *