Puluhan Tentara Israel Terlibat Narkoba

Oleh: Lulu Basmah

Puluhan tentara Israel ditahan atas tuduhan keterlibatan sebagai penggunaan dan pengedar narkoba

35 di antaranya telah ditangkap karena menggunakan atau terlibat perdagangan narkoba dan akan dibawa ke pengadilan militer Israel.

Penahanan mereka diumumkan oleh unit juru bicara militer Israel kemarin dan mengikuti penyelidikan oleh Divisi Investigasi Kriminal Militer Israel. Beberapa warga sipil Israel juga ditahan karena dicurigai melakukan pelanggaran yang sama.

“Kegiatan ini hanya bagian dari serangkaian langkah yang diambil oleh IDF untuk menegakkan larangan terhadap penggunaan narkoba di antara tentaranya dan untuk menjalankan kekuatan hukum secara penuh terhadap setiap tentara yang terlibat dalam perdagangan narkoba,” kata jubir militer seperti yang dikutip Jerusalem Post, Selasa (3/8).

Penggunaan narkoba marak di kalangan tentara Israel. Pada bulan Juni, menurut laporan LSM anti narkoba Israel, bahwa setidaknya 54 persen tentara Israel merokok ganja pada tahun lalu.

Data pengguna narkoba yang dikeluarkan Otoritas Anti-Narkoba Israel menunjukkan peningkatan tajam dalam jumlah tentara yang menggunakan ganja dibandingkan dengan tahun 2009, ketika angka itu hanya 11 persen.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth menjelaskan bahwa di masa lalu, merokok adalah kejahatan yang berbahaya di militer. Dalam banyak kasus, tentara didakwa dengan tuduhan kriminal dan dikirim ke penjara.

“Namun, sejak Januari 2017 tentara Israel mengadopsi kebijakan yang lebih lunak, yang memungkinkan tentara Israel untuk merokok hingga lima kali saat tidak bertugas,” kata surat kabar tersebut.

Sebelumnya, Ynet melaporkan, pekan lalu, seorang petugas dari Korps Teknik ditahan karena dicurigai merokok ganja pada banyak kesempatan. Situs berita itu menambahkan bahwa pada bulan Juli saja, hampir 70 tentara ditangkap karena dicurigai melakukan pelanggaran terkait narkoba, termasuk tentara dan petugas tempur. Belum jelas obat mana yang digunakan dan diperdagangkan oleh 35 tentara yang baru-baru ini ditangkap. (LB)

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *