Presiden Turki Desak Semua Muslim Lindungi Al-Quds

aspacpalestine.com – Ankara. Menurut media Independent, Presiden Erdogan desak muslim yang ada di dunia untuk “ziarah” dan “lindungi” Al-Quds.

Komentar Erdogan tersebut muncul pada hari Selasa setelah beberapa kekerasan meletus di akses menuju masjid Al-Aqsha, di tempat suci, Al-Quds.

Situs tersebut merupakan tempat suci untuk Islam dan yahudi, dan merupakan titik poin dalam konflik Arab-Israel.

Kabinet Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu memutuskan untuk membongkar detektor logam, yang dipasang di luar masjid Al-Aqsha. Pemasangan detektor logam tersebut sebagai bentuk tanggapan dari Israel, terkait insiden penembakan pada tanggal 14 Juli 2017. Penembakan tersebut mengakibatkan 2 orang petugas polisi tewas.

Orang-orang Palestina menuduh bahwa tindakan tersebut adalah upaya Israel untuk membesarkan kendalinya terhadap pengelolaan situs Islam tersebut, tempat yang dikelola oleh Yordania. Israel menolak tuduhan tersebut. Israel mengatakan bahwa mereka membutuhkan langkah pengamanan.

Upaya larangan jamaah muslim berumur dibawah 50 tahun untuk masuk ke masjid Al-Aqsha, menyebabkan demonstrasi besar-besaran di ibukota yang diperebutkan ini.

Komite Supremasi Islam Al-Quds dijadwalkan bertemu pada Selasa (1/8/2017). Pertemuan tersebut untuk membahas apakah langkah yang diberlakukan oleh Israel, sudah cukup untuk para jamaah Muslim untuk komplek suci tersebut.

 

Sumber: english.pnn.ps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *