Posisi Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha berada di bagian tenggara Kota Lama Al-Quds. Kurang lebih berada di tengah-tengah wilayah Palestina. Al-Aqsha berada di dataran tinggi yang suka disebut Muria (bukit Muria). Sebelah timurnya dan selatanya berbatesan dengan distrik Kota Lama.

 

 

Masjid Al-Aqsha berada dalam posisi memanjang atau persegi panjang. Sebelah selatan dan timurnya masuk ke dalam wilayah Kota Lama. Semua yang ada dalam gambar di atas adalah Masjid Al-Aqsha . ia dikelilingi pagar. Di dalam pagar tersebut terdapat sejumlah masjid, musholla, kubbah, menara, air mancur, ruangan dan sekolah. Tak kurang dari 200 peninggalan bersejarah terdapat di areal Al-Aqsha ini.

 

 

Inilah gambar yang benar bagi Masjid Al-Aqsha yang berada di dalam pagar. Tidak seperti sangkaan sejumlah orang bahwa Masjid Al-Aqsha adalah yang berkubbah emas (warna emas) yang dibangun Sultan Abdul Malik bin Marwan pada tahun 72 Hijriyah. Atau ada juga mengira bahwa Masjid Al-Aqsha adalah yang berkubbah kebiruan. Semua itu tak benar. Masjid Al-Aqsha adalah semua yang berada di lingkungan pagar Al-Aqsha. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *