Poling: 62% Orang Yahudi Anggap Tepi Barat Yang dijajah

aspacpalestine.com – Tepi Barat. Setelah 50 tahun penjajahan terhadap Tepi Barat, sebagian besar orang Yahudi di Israel (62%) berpendapat bahwa tidak dapat menjelaskan kebijakan Israel di Tepi Barat, dapat dikategorikan sebagai penjajah. Hal tersebut berbanding terbalik, 91% penduduk Arab di dalam Palestina beranggapan bahwa Istilah penjajah adalah istilah yang paling tepat untuk menggambarkan apa yang dikerjakan Israel di Tepi Barat.

Hal tersebut muncul dalam “poling indeks perdamaian bulan ini”. Poling tersebut dikeluarkan oleh Universitas Tel Aviv dan pusat demokratik Israel. Poling tersebut melansir bahwa pendapat orang yahudi terbagi karena terkait pencaplokan daerah-daerah yang dijajah pada tahun 1967, ke dalam kedaulatan Israel. Sebagaimana 44.4% berpendapat bahwa Israel melakukan pencaplokan daerah-daerah yang tejajah, termasuk 45% tidak mendukung langkah pencaplokan tersebut.

Sementara itu, 79.5% warga arab di dalam Palestina menentang pencaplokan yang dilakukan Israel terhadap daerah-daerah yang dijajah. Sedangkan 11.5% mendukung langkah tersebut.

Indeks ini menunjukkan 50.8% orang yahudi beranggapan pembangunan permukiman-permukiman di Tepi Barat yang diduduki sebagai langkah yang benar dan penting, untuk kepentingan nasional Israel. Sedangkan 31.3% menentang langkah pembangunan permukiman tersebut.

55.2% orang Yahudi di Israel mengatakan bahwa mereka percaya intervensi negara-negara Arab telah memberikan konstribusi dalam tercapainya kesepakatan perdamaian antara Israel-Palestina, sementera 35.1% saja dari orang arab yang setuju dengan hal tersebut. 52.1% mengatakan bahwa presiden Amerika dapat menekan Israel untuk kembali ke meja perundingan dan menerima kesepakatan perdamaian sesuai dengan inisiatif Saudi, terutama setelah penguatan kesepakatan yang ditandatangi di Riyadh. Sementara, 32.1% orang Arab percaya bahwa ini mungkin terjadi.

 

Sumber: arab48.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *