Pidato di KTT OKI, SBY Kembali Berikan Dukungan kepada Palestina

Presiden SBY kembali menegaskan posisi Indonesia yang mendukung Palestina. SBY menyerukan kepada negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk terus bersama-sama memajukan hak-hak asasi bagi Palestina. 

“Saudara-saudara kita di Palestina terus dicabut dari hak-haknya dalam bernegara, kemerdekaan dan keadilan. Mereka hidup tanpa banyak harapan untuk masa depan, sementara Israel terus melanggar hak-hak mereka setiap hari,” kata SBY saat berpidato dalam KTT OKI ke-12 di Hotel Fairmont, Kairo, Rabu (6/2/2013).

Karena itu, SBY memberikan dukungan penuh kepada Palestina. “Kami menegaskan kembali dukungan kami dan solidaritas terhadap rakyat Palestina.Tapi kita juga harus berbuat lebih banyak,” tegas SBY.

Selama ini, kata SBY, Indonesia sudah membantu memperkuat kapasitas kelembagaan negara Palestina. Indonesia memiliki program pembangunan berkelanjutan untuk 1.000 warga Palestina di berbagai bidang. Indonesia juga telah melatih 842 pejabat Palestina dalam 5 tahun terakhir.

“Kita harus mengintensifkan upaya diplomatik untuk memajukan hak-hak asasi Palestina. Pengakuan bersejarah dari Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap Palestina sebagai negara pengamat bukan hanya kemenangan diplomatik, juga merupakan kemenangan moral,” jelas SBY.

Sidang puncak KTT OKI dihadiri sekitar 27 kepala negara. Tema KTT OKI kali ini adalah’ The Muslim World: New Challenges and Expanding Opportunities’.

Puncak KTT OKI ke-12 ini akan berlangsung hingga malam ini. Sejumlah kepala negara, selain SBY sudah menyampaikan pidatonya. Sekitar pukul 15.30 waktu Kairo, sidang diskors untuk salat Asar. (detik.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *