Pernyataan Sikap Asia Pacific Community for Palestine Atas Perjalanan Yahya Cholil Staquf ke Jerussalem Menyambut Undangan American Jewish Community

Perjalanan Yahya Cholil Staquf ke Jerusalem untuk memenuhi undangan dari Komite Yahudi Amerika (AJC) telah menjadi polemik beragam pihak di negara asalnya Indonesia maupun di dunia internasional. Yahya Cholil Staquf yang diperkenalkan sebagai Sekjend Nahdhatul Ulama dalam AJC Global Forum 2018 itu dinilai telah menambah luka bangsa Palestina yang hingga kini masih terjajah oleh Zionis Israel. Sebab niatan mulia Yahya Cholil Staquf hadir dalam undangan AJC untuk menyampaikan pemikiran tentang Yahudi tanpa eufimisme ternyata justru yang terucap dalam AJC Global Forum 2018 adalah pemikirannya tentang umat Islam yang cenderung dipersalahkan tanpa sedikitpun mempersoalkan penjajahan Zionis Israel di tanah Palestina.

Oleh karena itu, Asia Pacific Community for Palestine (Aspac for Palestine) sebagai asosiasi lembaga-lembaga se-Asia Pacific yang konsen terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina, menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Sikap Yahya Cholil Staquf untuk menghadiri undangan AJC Global Forum 2018 dengan segala ucapannya telah menyelisihi sejarah Proklamator Indonesia Ir. Soekarnoyang memperjuangkan kemerdekaan Palestina serta segenap proses diplomasi luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif memperjuangkan kemerdekaan Palestina hingga hari ini, dan terlebih lagi telah menyelisihi konstitusi bangsanya yang dengan tegas memperjuangkan penghapusan segala penjajahan dunia, sebagaimana yang hari ini dilakukan Zionis Israel atas Palestina.

2. Yahya Cholil Staquf telah berbicara tentang Rahmah (kasih sayang) di forum yang tidak tepat karena audiensnya justru adalah pihak yang telah berlumuran darah kemanusiaan bangsa Palestina. Terlebih lagi pesan Rahmah yang disampaikan oleh Yahya Cholil Tsaquf hanya ditujukan kepada umat Islam tanpa sedikitpun mempersoalkan Zionis Israel yang telah bertindak jauh dari sikap-sikap Rahmah.

3. Pesan Rahmah yang disampaikan oleh Yahya Cholil Staquf sesungguhnya adalah pesanan dari American Jewish Community (AJC) yang saat ini menjadi pihak pengundang. Mengingat Yahya Cholil Staquf juga diperkenalkan sebagai Direktur Bayt ar Rahmah, sebuah organisasi yang didirikan oleh C Holland Taylor, seorang pengusaha Amerika yang pernah dijuluki dalam sebuah kolom Wall Street Journal sebagai pelaku diplomasi kelas satu.

4. Sikap dan ucapan Yahya Cholil Tsaquf di AJC Global Forum 2018 telah mendapat respon penolakan dari rakyat Palestina. Maka, sesungguhnya sikap dan ucapan Yahya Cholil Staquf telah memperkeruh hubungan Indonesia dengan Palestina yang telah terjalin sejak negeri ini merdeka.

5. Atas segala sikap dan ucapan Yahya Cholil Staquf, kami menuntut kepada yang bersangkutan agar segera meminta maaf kepada bangsa Indonesia dan bangsa Palestina, serta balas berkunjung ke Palestina khususnya Gaza yang telah 10 tahun ini diblokade oleh penjajah Israel.

Jakarta, 14 Juni 2018 / 29 Ramadhan 1439

Ttd.

Soeripto, S.H.

Ketua Presidium Aspac Community for Palestine

, , , , , , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *