Permukiman Perburuk Krisis Gaza

aspacpalestine.com – Jenewa. Badan Pengembangan PBB mengatakan bahwa lonjakan pembangunan permukiman Israel dan penyitaan lahan, milik orang Palestina, air dan sumber daya alam lainnya mempertahankan kemiskinan dan pengangguran, pada tingkat yang tidak dapat ditoleransi.

Penurunan tajam dalam bantuan internasional yang sampai ke wilayah Palestina dikarenakan penjajahan Israel juga memperburuk krisis kemanusiaan dan ekonomi di Gaza dan Tepi Barat.

Dalam sebuah laporan, badan tersebut mengatakan bantuan donor internasional untuk wilayah Palestina turun 38 persen antara 2014 dan 2016, sebagian karena fakta bahwa penjajahan telah mencegah arus bantuan sebelumnya yang mulai diterjemahkan menjadi keuntungan pembangunan yang nyata.”

Ketua PBB, Antonio Guterres mengunjungi Gaza pada bulan Juli dan menyebut blokade merupakan salah satu krisis kemanusiaan yang paling dramatis yang pernah dia lihat.

Dalam laporan tahunannya 2 tahun lalu, badan PBB tersebut memperingatkan bahwa situasi di Gaza sangat mengerikan. Kondisi ini dapat menyebabkan Gaza tidak dapat dihuni pada tahun 2020, apabila tidak ada tindakan drastis untuk membangun kembali wilayah yang dilanda perang tersebut.

 

Sumber: gulftoday.ae

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *