Penjajah Zionis Tutup Gerbang Perbatasan Beit Hanoun

Gaza – Otoritas Penjajah Zionis memutuskan pada Rabu (05/09) untuk menutup gerbang perbatasan Beit Hanoun (Erez) yang merupakan satu-satunya penyebrangan orang dari Galur Gaza ke wilayah Palestina yang dijajah.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kemarin ada kerusuhan hebat di daerah gerbang perbatasan Erez yang melibatkan ratusan orang, hingga infrastruktur gerbang perbatasan di sisi Palestina menjadi sasaran pengrusakan,” seperti diungkapkannya.

 “Setelah ini, diputuskan untuk menutup penyeberangan sampai selesainya perbaikan atas kerusakan itu,” katanya. “Gerbang perbatasan boleh dilalui terbatas pada kasus-kasus kemanusiaan yang memperoleh persetujuan secara khusus,” kata pernyataan itu.

Penjajah Zionis tidak mengumumkan lamanya periode penutupan gerbang perbatasan tersebut, yang telah dibuka kembali pada tanggal 27 Agustus lalu, setelah ditutup untuk periode satu pekan.

Pada hari Selasa, Komisi Nasional Tertinggi untuk Pawai Kepulangan dan Pemecah Blokade melakukan aksi pawai protes dengan tema “Bersama Mari Lindungi Hak Pengungsi”, dekat gerbang perbatasan Erez, dengan diikuti oleh ratusan warga Palestina.

Gerbang perbatasan Beit Hanoun (Erez) adalah satu-satunya penyebrangan orang antara Jalur Gaza yang tekepung dan berbagai wilayah Palestina yang dijajah sejak tahun 1948.

Adapun gerbang perbatasan Kerem Abu Salim (Kerem Shalom) khusus untuk perlintasan barang-barang menuju Jalur Gaza, dan Penjajah Zionis sudah berulang-ulang dan seringkali menutupnya.

Jalur Gaza, yang merupakan rumah bagi hampir 2 juta orang, mengalami penderitaan kondisi hidup yang sangat miskin dikarenakan blokade Israel yang telah berlangsung selama lebih dari 10 tahun.

——————————–

Sumber: www.palinfo.com, terbit: 05/09/2018, jam: 02:07:09 siang.

, ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *