Penjajah Israel Potong Pasokan Air Minum di Gaza

Krisis di Jalur Gaza semakin memburuk. Israel memperparah kondisi di sana dengan memotong pasokan air minum untuk warga Palestina di sana.

Sejak Rabu lalu, Israel telah memotong pasokan air minum untuk wilayah Jalur Gaza. Tindakan tersebut dibuat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

“Mekorot, leveransir air Israel, memberitahu kami Rabu lalu bahwa mereka akan memotong pasokan air selama beberapa jam untuk keperluan perawatan. Sejak saat itu, air mati. Pemompaan air tidak dilanjutkan seperti kesepakatan yang ada. Hal ini telah mempengaruhi pendistribusian air di Gaza, ” ungkap Maher Salem, Direktur Otoritas Air Gaza.

Menurut Salem, hingga 200 ribu warga Palestina di wilayah pendudukan sangat mengandalkan pasokan air dari Israel. Air tersebut diambil dari sumur-sumur dalam yang terletak di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza. Mekorot menjual air ke Gaza sesuai dengan persetujuan yang ditandatangani tahun lalu.

Seluruh sumur irigasi yang digunakan oleh para petani di dekat perbatasan Gaza, telah roboh akibat pengambilan sumber air bawah tanah melalui sumur dalam Israel. Warga Palestina di Gaza tidak diizinkan menggali sumur lebih dari kedalaman 100 meter.

Warga Gaza merasakan penderitaan dari kekurangan air minum yang parah. Hingga 95 persen air di teritori tidak cocok untuk konsumsi manusia, data tersebut sesuai standar dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *