Kunjungan ke Jepara, Bertemu dengan Pengukir Mimbar Sholahuddin

aspacpalestine.com – Jepara. Dalam ekspedisi historis kota Kudus yang dilakukan ASPAC (23-25 September 2017) Tim Aspac juga melakukan kunjungan ke salah seorang warga Jepara bernama Abdul Mutholib, yang belakang diketahui sebagai pengukir yang turut serta dalam pembuatan replika mimbar Sholahuddin yang ada di Masjidil Aqsha.
 
Dalam wawancaranya, Tholib mengatakan dirinya tak menyangka bisa menjadi bagian dari pembuatan replika mimbar Sholahuddin setelah pembakara mimbar bersejarah itu oleh Yahudi radikal pada tahun 1969.
 
“Lima tahun saya menunggu kepastian akan keikutsertaan dalam pembuatan replika itu,” jelas Tholib. Setelah ada kepastian dirinya berangkat menuju Amman Yordania selaku tuan rumah penyelenggara kegiatan tersebut. Ia berangkat dengan empat temannya yang lain asal Jepara untuk kemudian bergabung dengan pengukir muslim lainnya dari berbagai negara seperti Turki dan Mesir.
 
Lebih kurang pembuatan itu memakan waktu selama empat tahun, dan berhasil diletakkan di dalam masjidil Aqsha pada tahun 2007. Tholib dan seorang rekannya asal Indonesia masuk dalam tim pemasangan mimbar itu di dalam Al-Aqsha. 
 
“Saya terharu melihat antusias luar biasa dari warga Palestina dalam menyambut replika yang kami buat. Sejak dibawa dari Amman menuju perbatasan, kami dikawal dengan penuh rasa hormat layaknya seorang presiden,” kenang Tholib penuh bangga. (msy/aspacpalestine)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *