Penggemar Celtic Angkat 16 Bendera Palestina Sebagai Solidaritas Atas Korban Gaza

Pada Sabtu (31/03), Klub Sepakbola Celtic Skotlandia mengangkat bendera Palestina selama pertandingan dengan Ross County FC dalam rangka solidaritas terhadap 16 warga Palestina yang syahid oleh tentara Israel pada hari Jumat (30/03).

Penggemar Celtic mengangkat 16 bendera Palestina bagi 16 aktivis demonstrasi di Jalur Gaza yang ditembak mati oleh tentara Israel saat berpartisipasi dalam Pawai Hari Bumi yang damai di dekat perbatasan Gaza-Israel.

Asosiasi Sepakbola Skotlandia mengenakan denda kepada Klub Sepak bola Celtic – yang dikenal atas dukungannya terhadap perjuangan Palestina – setelah penggemarnya mengangkat puluhan bendera Palestina selama pertandingan klub itu melawan tim Israel Hapoel Be’er Shevain di babak pertama Kejuaraan Liga Eropa.

Para penggemar Celtik menanggapi hukuman itu dengan menggalang dana jumlah yang sama dengan denda, yang mereka sumbangkan kepada para pengungsi Palestina. Sebagai imbalannya, pengungsi Palestina di sebuah kamp di Bethlehem mengumpulkan uang untuk membayar denda yang dikenakan pada klub itu.

The Great Maret Return atau Pawai Kepulangan, yang dimulai pada hari Jumat (30/03), menandai awal dari serangkaian protes yang akan berlanjut sampai Hari Nakba pada tanggal 15 Mei mendatang, yang merupakan hari bersejarah bagi berdirinya Negara Israel.

Para demonstran menuntut agar para pengungsi Palestina diizinkan kembali ke kota-kota dan desa-desa yang mereka telah diungsikan darinya saat Negara Israel didirikan pada 1948. (i7)

Sumber: www.middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *