Video - Pengadilan Darine Tatour: Pembacaan Putusan 24 Juni

 

Pengadilan di Nazaret menetapkan tanggal 24 Juli untuk membacakan putusan dalam kasus penyair Darine Tatour setelah mendengar pembacaan tuduhan kepadanya.

Darine, Putri desa Reineh, masih harus menunggu keputusan, yang dijadwalkan dikeluarkan oleh pengadilan pada sidang berikutnya setelah persidangan pada  Kamis (31/05), dan penderitaan panjang selama dua setengah tahun menghabiskan antara penjara dan tahanan rumah atas “dakwaan” menulis puisi dan menerbitkannya di halaman jejaringan media sosial.

Sejumlah tokoh dan kader politik dan sosial menghadiri ruang sidang mendampingi keluarga penyair Taatour.

Pada 11 Oktober 2015, polisi menyerbu rumah penyair Taatour, menangkapnya, dan mengajukan dakwaan terhadap dirinya pada 2 November 2015, diantara tuduhannya melakukan “hasutan kepada kekerasan dan dukungan kepada organisasi teroris”.

Penangkapan itu dilakukan karena puisi yang ditulis oleh penyair berjudul “Lawanlah bangsaku, lawanlah,” dan juga dua postingannya di “Facebook” dimana Darine mengungkapkan di dalamnya kekhawatirannya menjadi “syahidah berikutnya”. Ini berdasarkan kejahatan terhadap pembunuhan seorang bocah Muhammad Abu Khudair dengan cara di bakar.

 

Baca juga: Dua Setengah Tahun Dipenjara dan Jadi Tahanan Rumah, Penyair Darine Tator Masih Harus Tunggu Putusan Besok”

Setelah berbulan-bulan di penjara dia dibebaskan, tapi harus menjalani tahanan rumah, dan dilarang menggunakan internet atau melakukan komunikasi apapun. Hanya baru pada bulan Mei lalu, larangan-larangan tersebut agak dikendorkan , sementara persidangannya masih terus berlanjut masih dalam kasus yang sama. (i7)

—————

Sumber: www.arab48.com, terbit: 31/05/2018 – 14:27.

, , ,

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *