Pemukim Zionis Bakar Puluhan Hektar di Timur Nablus


Para pemukim Yahudi berasal dari pemukiman Itamar, yang dibangun di atas lahan desa sebelah timur Nablus pada hari Jumat (29/06) membakar puluhan hektar di Gunung Shararba di kota Beit Furik.

Seorang pejabat arsip pemukiman di Tepi Barat Ghassan Douglas, mengatakan bahwa kebakaran telah menghancurkan puluhan hektar lahan milik warga kota itu dengan perlindungan dari  tentara Israel. Ditambahkan bahwa warga dengan bantuan mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api kebakaran itu.

Kebakaran yang terjadi pada hari Kamis itu, telah membakar 120 dunim lahan pertanian, yang terletak di belakang tembok rasis, yaitu desa Safa, sebelah barat Ramallah, 60 dunim diantaranya ditanami pohon zaitun.

Kepala Dewan Desa Safa, Ahmed Fauz menuduh para pemukim Zionis berada di belakang peristiwa yang diistilahkannya sebagai kejahatan pembakaran sejumlah besar pohon-pohon zaitun. Dia menjelaskan bahwa pasukan penjajah, melarang siapapun dari warga Palestina atau bahkan tim Pemadam Kebakaran untuk masuk memadamkan kebakaran itu.

Fauz memiliki dokumen video tim pemadam kebakaran “Israel”, dimana mereka duduk berpangku tangan saat api kebakaran menyerang lahan-lahan warga Palestina. Dijelaskannya bahwa tim-tim pemadam itu yang didukung oleh beberapa pesawat tidak bergerak memadamkan kebakaran kecuali jika api telah bergerak ke arah pemukiman Zionis “Lapid” yang dibangun di atas wilayah jajahan.

Melalui saluran telepon dengan “Wafa”, Fauz menegaskan bahwa tindakan kriminal ini bukanlah yang pertama kali terjadi di tanah hak milik warga Palestina. Dia menjelaskan pada 2008, setidaknya 300 pohon zaitun dibakar menggunakan bahan-bahan yang aneh. Dan pada September tahun lalu, lebih dari 400 pohon dibakar dengan cara yang sama.

Fauz menjelaskan bahwa  tanah-tanah warga Palestina di desa yang di dikelilingi oleh dinding rasis dari sisi barat, yang berdekatan dengan Green Line; telah hilang sejak tahun 1948 seluas hampir 5.000 dunim  dengan cara dijarah oleh Penjajah  dengan dalih dan argumentasi yang bermacam-macam. (i7)

———

Sumber: www.arab48.com, terbit: 29/06/2018, jam: 16:47.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *