Pemukim Serbu Masjid Al-Aqsha Setelah Bentrokan Malam Lalu

aspacpalestine.com – Al-Quds. Sekelompok pemukim menyerbu komplek masjid Al-Aqsha, yang kosong dari jamaah muslim, Senin (17/7/2017). Serbuan para pemukim datang setelah bentrokan yang terjadi semalam. bentrokan tersebut mengakibatkan jatuhnya korban. Serbuan pemukim datang di hari kelima, saat masjid Al-Aqsha kosong dari para jamaah yang sholat dan i’tikaf. Selain itu, serbuan juga dilakukan ditengah gelombang reaksi kecaman-kecaman terhadap tindakan yang dilakukan Israel.

Koresponden aljazeera, Ilyas Kiram mengatakan bahwa sekelompok pemukim pertama menyerbu masjid Al-Aqsha, pada pukul 7.30 pagi, Selasa (18/7/2017). Serbuan tersebut mendapat pengawalan dari pasukan Israel. Gelombang penyerbuan kedua datang sesaat setelah gelombang penyerbuan pertama, sesaat kemudian.

Koresponden mengatakan bahwa orang Palestina tidak ingin tunduk terhadap proses-proses keamanan Israel yang baru. Proses tersebut terkait peraturan baru masuk ke masjid Al-Aqsha. Hal tersebut karena dianggap upaya merubah status quo di Al-Quds sejak lima dekade terakhir, khususnya di Masjid Al-Aqsha.

Bentrokan terjadi di Al-Quds terjajah. Bentrokan tersebut terjadi dengan orang-orang Palestina yang menolak mengikuti peraturan yang diberlakukan oleh keamanan Israel, di sekitar Masjid Al-Aqsha pada hari kedua. Bentrokan mengakibatkan sepuluh orang luka. Bentrokan berpindah ke kawasan pinggiran Silwan dan Issawiyah pada saat jam malam.

 

Sumber: aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *