Pemukim Desak Israel Adakan Pertemuan Kabinet Di Masjid Ibrahimi

aspacpalestine.com – Khalil. Pemukim mendesak kabinet Israel untuk mengadakan pertemuan kabinet di masjid Ibrahimi, Khalil. Hal tersebut bertujuan sebagai tindakan menentang keputusan UNESCO baru-baru ini, yang menyatakan bahwa Masjid Ibrahimi merupakan situs warisan Palestina.

Badan kebudayaan PBB tersebut pada pekan lalu, menganggap bahwa kota tua Khalil dan Masjid Ibrahimi merupakan sebuah situs Palestina yang terancam. Resolusi tersebut dapat diadopsi oleh UNESCO, meskipun ada kampanye Israel yang bertujuan memblokir pemungutan suara tersebut.

Dalam menanggapi resolusi tersebut, para pemukim Israel menyerukan Benyamin Netanyahu (Perdana Menteri Israel) untuk mengadakan pertemuan kabinet di Masjid Ibrahimi. Para pemukim berdalih bahwa pertemuan dilakukan dalam rangka menguatkan hubungan Israel ke wilayah tersebut, menurut Jerusalem Post.

Seruan tersebut datang beberapa bulan setelah kabinet Israel berkumpul di sebuah terowongan Masjid Al-Aqsha. Hal tersebut dibenerkan oleh Netanyahu sebagai sebuah gerakan untuk “menandai pembebasan dan penyatuan Al-Quds”. Namun, otoritas Palestina melabeli langkah tersebut sebagai langkah yang provokatif karena Al-Quds Timur telah berada dibawah penjajahan sejak tahun 1967.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *