Pemerintah Gaza Serukan Mesir Buka Rafah Sepanjang Waktu

Pemerintah Palestina di Jalur Gaza menyerukan otoritas Mesir agar memperhatikan kondisi warga Palestina yang terblokade di Jalur Gaza dan membuka gerbang perlintasan Rafah sepanjang waktu agar lebih dari 400o orang Palestina yang terkatung-katung di perlintasan bisa melintas.

Wakil Kementrian Dalam Negeri di Jalur Gaza, Kamil Abu Madhi, meminta pembukaan gerbang Rafah sepanjang waktu dari kedua arah. Dia merasa aneh dengan alasan pihak Mesir terganggunya jaringan computer untuk mereka yang bepergian.

Jumlah orang yang berangkat dari Jalur Gaza tahun ini mengalami penurunan drastic sehingga memperparah kondisi kemanusiaan di dalam Jalur Gaza. Dia menjelaskan bahwa gerbang hanya dibuka enam hari sejak awal bulan.

Abu Madhi memperingatkan dampak serius pada kehidupan orang-orang Palestina bila gerbang Rafah terus ditutup atau hanya dibuka sebagian seperti sekarang ini.

Dia menyebutkan bahwa jumlah orang yang terkatung-katung di perlintasan Rafah mencapai 44500 orang setelah pintu pendaftaran ditutup. Dia mengingatkan bahwa sebagian besar adalah pasien, mahasiswa dan mereka yang memiliki izin tinggal di luar negeri.

Jumlah itu setiap hari terus bertambah. Pihak Mesir hanya menerima tiga bus yang jumlahnya tidak lebih dari 200 orang untuk hari Ahad kemarin. Sebanyak 5 ribu dari 10 ribu yang memiliki visa tidak bisa masuk Mesir.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *