Pemerintah Gaza Minta Mekanisme Bersama Kendalikan Keamanan Mesir-Gaza

Pemerintah Palestina di Jalur Gaza meminta dibuat mekanisme bersama untuk mengendalikan keamanan antara Mesir dan Jalur Gaza. Pemerintah Gaza menegaskan bahwa Gaza sama sekali tidak campur tangan urusan internal Mesir dan menyayangan sangat menyayangkan kampanye provokatif yang dilakukan terhadap Jalur Gaza.

Jurubicara Pemerintah Gaza Ir. Ihab Gasin, Ahad (15/9) mengatakan bahwa selama bertahun-tahun bangsa Mesir telah menjadi pengokong bangsa Palestina serta mendukung isu bangsa Palestina dan hak-haknya. Dia mengingatkan adanya informasi seputar usaha untuk menarget kepala perlawanan yang ada di Palestina dan Jalur Gaza, terutama setelah keteguhannya menghadapi blokade dan perang.

Dia menolak tuduhan terhadap Jalur Gaza yang dituduh ikut bersama dalam aksi-aksi militer di Mesir. “Tuduhan ini, resmi atau tidak resmi, tidak berdasarkan dalil atau bukti,” tegasnya. Dia mengecam kampanye-kampenye provokatif yang terus dilakukan hingga sampai pada ancaman penggunaan kekuatan militer, bersamaan dengan penghancuran terowongan-terowongan yang merupakan urat nadi kehidupan selama bertahun-tahun blokade di samping berlanjutnya penutupan gerbang Rafah.

Gasin menyayangkan tindakan militer Mesir yang menangkap 5 nelayan Palestina, pemukulan mereka dan penjeblosan mereka ke penjara. Dia menyerukan agar mereka semua segera dibebaskan. Dia menyatakan adanya sejumlah pelanggaran yang dilakukan militer Mesir seperti penembakan nelayan, penangkapan sebagian mereka dan pemukulan terhadap seorang nelayan dan anaknya.

Mengenai gerbang Rafah, Pemerintah Palestina di Jalur Gaza meminta agar gerbang dibuka sepanjang waktu dan adanya kemanisme yang menjadikan gerbang Rafah sebagai gerbang perdagangan dan diberlakukannya kawasan perdagangan bebas di sana. Pemerintah Gaza juga menyerukan adanya mekanisme bersama untuk mengendalikan keamanan perbatasan dan menghilangkan dampak tekanan kemacetan di gerbang. Ditegaskan bahwa faksi-faksi Palestina khususnya Hamas telah menjelaskan bahwasanya bukanlah adab Hamas melakukan aksi melawan militer Mesir.  (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *