PBB Serukan Akhiri Penjajahan Israel Di Palestina

aspacpalestine.com – Al-Quds. Pejabat tinggi Hak Asasi Manusia PBB memperingati 50 tahun penjajahan Israel terhadap wilayah Palestina. Pejabat tinggi tersebut menyerukan untuk segera mengakhiri penjajahan tersebut. Dia bersikeras bahwa berakhirnya penjajahan akan menguntungkan kedua belah pihak.

Pangeran Yordania dan komisioner tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Zeid Ra’ad Al-Hussein mengatakan bahwa penjajahan memicu berulang kali siklus kekerasan dan pemerasan.pernyataan tersebut selaras dengan pernyataan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, Pada awal pekan ini. Sekretaris Jenderal PBB tersebut mengecam penjajahan terhadap Palestina. Antonio menganggap bahwa penjajahan merupakan beban kemanusiaan dan pembangunan yang berat bagi orang-orang Palestina.

Uncapan tersebut menyusul sebuah serangkaian laporan kritis oleh organisasi Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia. Rangkaian laporan tersebut menyatakan dampak 50 tahun penjajahan dan muncul saat politisi Israel merayakan peringatan 50 tahun perang 6 hari pada 1967. Dalam perang Tersebut, Israel merebut Tepi Barat dan Al-Quds Timur, Termasuk Kota Tua.

Zeid berkomentar dalam pidatonya saat pembukaan 3 minggu sesi Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Selasa (6/6/2017). Dia menandai peringatan tersebut bagi rakyat Palestina sebagai peringatan “setengah abad penderitaan mendalam di bawah penjajahan yang diberlakukan oleh militer Israel”.

 

Sumber: theguardian.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *