PBB: 'Krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Gaza”

 

Hallo dunia, ini rumah kami di Gaza…..

Jalur Gaza yang dijajah terus menghadapi “krisis kemanusiaan yang tidak pernah terjadi sebelumnya, yang disebabkan oleh blokade lebih dari sepuluh tahun oleh Penjajah Zionis,  bersamaan dengan perpecahan internal Palestina”, dan “pengetatan perbatasan yang diberlakukan oleh pemerintah Mesir di Rafah “, menurut info terbaru dari PBB.

Anak-anak Palestina bermain di luar rumah mereka di daerah miskin Al-Zaytoon di Kota Gaza [Ezz Zanoun / Apaimages]
Perkembangan ini, kata badan PBB OCHA dalam dokumen yang diterbitkan pekan ini, “telah memicu kerusakan lebih lanjut pada situasi kemanusiaan, mempengaruhi ketersediaan layanan penting dan mengikis mata pencaharian dua juta penduduk Gaza.”

Di antara data yang termasuk dalam info terkini itu adalah jumlah jam pasokan listrik per hari; pada 2017, angka harian rata-rata pada bulan tertentu adalah lima jam, dan tidak pernah naik di atas delapan. Pada tahun 2018 hingga saat ini, angka harian rata-rata adalah enam jam pada bulan Januari, lima pada bulan Februari dan Maret, dan empat pada bulan April.

 

Baca juga: Keluarga di Gaza – Sahurnya dengan Teh Pahit dan Bukanya dengan Ceker Ayam

Sementara itu, terkait dengan akses warga Palestina ke air pipa, diukur berdasarkan liter per kapita per hari (LCD), angka untuk penduduk Gaza tetap di bawah minimum yang disarankan.

UNICEF: Kurang dari 4% saja air tanah di Gaza yang dapat digunakan

Sementara jumlah yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia adalah 100 LCD, pada tahun 2018, angka di Gaza telah melayang diantara 71 dan 73.

Indikator lain dari krisis yang dihadapi orang Palestina di Jalur Gaza yang dijajah adalah persentase obat pada tingkat stok nol (yaitu kurang dari stok satu bulan).

Menurut dokumen PBB, mengutip statistik Organisasi Kesehatan Dunia, pada bulan April ini mencapai 50 persen; jika dibandingkan, pada Maret 2017 angkanya 28 persen. (i7)

Sumber: www.middleeastmonitor.com, terbit: 25/05/2018 – pukul: 13.13.

, , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *