PBB: Israel Lakukan Ratusan Pelanggaran Hukum Terhadap Pelajar Palestina di Tepi Barat

Oleh: Lulu Basmah

Sejumlah delegasi PBB mengatakan bahwa Israel melakukan pelanggaran berat terhadap pelajar Palestina di Tepi Barat.

Jimmy McGoldrick mengaku bahwa pelanggaran hukum terhadap pelajar Palestina termasuk mengancam keamanan mereka ketika berangkat ke sekolah.

“Pihak Israel melakukan ancaman akan menghancurkan sekolah, menghadang siswa dan dewan guru di pos pemeriksaan. Para siswa bahkan menjadi korban tindak kekerasan dari pihak kepolisian dan ekstremis Yahudi. Hal ini membuat pelajar Palestina tidak dapat tiba di sekolah dengan aman,‘’ ujar Koordinator Urusan Kemanusiaan untuk Palestina tersebut.

Ia menambahkan, bahwa PBB mencatat 111 pelanggaran hukum yang dilakukan pasukan Israel terhadap 20.000 pelajar Palestina. Diantara pelanggaran tersebut seperti melakukan penembakan, baik dengan peluru tajam, gas air mata atau serta bom suara.

Sebanyak 80% pelanggaran hukum yang dilakukan Israel di Tepi Barat terjadi dalam kuartal terakhir tahun 2018. Hal ini menghambat kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah, bahkan sebagian siswa dilaporkan mengalami luka berat.

Diantara sekolah yang menjadi korban pelanggaran hukum seperti SMA Cordoba di kota Khalil, Tepi Barat. Selama 2018 silam, pihak Israel juga menghancurkan atau mengambil alih 5 sekolah di Tepi Barat.

PBB juga mengajak seluruh pihak untuk menghormati sekolah sebagai lembaga pendidikan dan perdamaian. (LB)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *