Palestina Peringatkan Israel Terkait Penutupan Pintu Al-Aqsha

aspacpalestine.com – Al-Quds. Otoritas Palestina peringatkan Israel terkait penutupan permanen Gerbang Ar-Rahma, Salah satu akses masuk ke masjid Al-Aqsha di kota Tua Al-Quds timur, lansir kantor berita Quds Press. Menteri Luar Negeri otoritas Palestina mengatakan bahwa penutupan merupakan rekomendasi dari Inspektur Polisi Israel, Roni Al-Syeikh dengan tujuan untuk mengganti status quo di lapangan.

Bangunan di gerbang Ar-Rahma ini menempatkan kantor Komite Warisan yang tidak beroperasi. Kantor tersebut digunakan untuk mengorganisir acara kebudayaan dan sosial, sebelum tahun 2003. Sejak saat itu, kantor tersebut ditutup dalam perintah Israel dan diperbaharui secara berkala oleh Israel. Menurut Menteri Luar Negeri Palestina, hal ini merupakan bagian dari usaha Israel untuk mengganti sejarah dan hukum Masjid Al-Aqsha dan secara bertahap menyerap reaksi yang mungkin ditimbulkan.

“Israel tidak mempunyai etika dan hak hukum untuk mengeluarkan keputusan atas nama otoritas yang bertanggungjawab terhadap wakaf Islam”, ujar tegas Menteri Luar Negeri. “Hal tersebut dilakukan untuk mengganti status quo di Al-Aqsha dan mendeportasi orang dan institusi Islam yang aktif bekerja melindungi masjid Al-Aqsha dan situs suci lainnya”, katanya. “rekomendasi Polisi merupakan eskalasi berbahaya yang akan menimbulkan “dampak bencana”, tambah pernyataan otoritas Palestina.

Untuk mengatasi langkah-langkah Israel, Menteri Luar Negeri Palestina meminta Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengambil langkah serius dan operasional berdasarkan tindakan langsung yang mewakili pemutusan hubungan dengan Israel agar dapat mencegah pelanggaran tersebut terjadi di Al-Quds.

 

Sumber: middleeastmonitor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *