Palestina Bekukan Hubungan dengan AS, jika PLO Ditutup

aspacpalestine.com – Palestina. Para Pejabat Palestina memperingatkan bahwa mereka akan membekukan semua komunikasi dengan Amerika Serikat (AS). Hal ini menyusul langkah penutupan kantor Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) oleh pemerintah Trump, di Washington DC.

Negosiator senior Palestina, Saeb Erekat mengatakan pada hari Sabtu bahwa PLO telah diberikan informasi oleh departemen luar negeri AS. Informasi tersebut terkait sebuah keputusan tidak memperbaharui izin operasi bagi kantor diplomatik PLO di ibukota AS itu.

langkah tersebut merupakan sebuah tanggapan terhadap keputusan orang-orang Palestina yang bergabung dengan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dan mengajukan berkas-berkas untuk investigasi beberapa kejahatan perang Israel terhadap orang-orang Palestina, termasuk permukiman, menurut Erekat.

Pejabat senior tersebut mengatakan bahwa organisasi ini telah mengirimkan sebuah surat ke pemerintahan AS. Surat tersebut secara resmi menginformasikan bahwa semua jalur komunikasi dengan pemerintahan Trump akan diputus, apabila rencana penutupan kantor PLO dilaksanakan.

“Ini sangat disayangkan dan tidak dapat diterima. Ini adalah tekanan yang diberikan kepada pemerintahan AS, oleh pemerintahan Benyamin Netanyahu, saat kita mencoba mencapai kesepakatan-kesepakatan akhir”, ujar Erekat. Dia menambahkan bahwa langkah seperti ini akan melemahkan seluruh proses perdamaian”.

 

Sumber: aljazeera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *