Pakar PBB Ingatkan Gaza Diambang Bencana

Seorang koresponden dan aktivis HAM PBB, Richard Folk menyerukan agar segera melakukan tindakan untuk menghindari bencana kemanusiaan yang akan segera menimpa Gaza jika tidak ada upaya-upaya untuk mencari solusi bagi krisis listik di sana.

Folk mengkhawatirkan, bencana kemanusiaan akan segera menimpa Gaza ditengah matinya sejumlah sarana pelayanan masyarakat, terutama dalam bidang medis dan kesehatan. Kurangnya pasokan bahan bakar minyak (BBM) menyebabkan sejumlah infra struktur di Gaza berhenti total dan menghambat sejumlah kebutuhan pokok lainya. Seperti kesehatan dan air serta kebersihan umum. Menjelang masuknya musim dingin diperkirakan kondisi ini akan semakin parah.

Berhentinya pasokan listrik mengakibatkan sejumlah alat kesehatan dan medis berhenti. Seperti mesin pencuci darah, ruang operasi, bank darah, Unit perawatan intensif dan perawatan bayi mengancam keselamatan sejumlah pasien dan menjadikan Gaza diambang bencana.

40 % penduduk Gaza memperoleh air bersih hanya tiga kali sehari. Israel lah yang bertanggung jawab penuh atas kondisi tersebut, ungkap Folk. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah yang semestinya dilakukan untuk melindungi warga sipil dari bencana yang mengerikan ini. Kegagalan dalam mencari solusi bagi masalah ini merupakan siksaan massal yang menimpa Gaza yang tentu bertentangan dengan UU Jenewa terkait kemanusiaan. (infopalestina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *