Netanyahu: Perjanjian Athena untuk Ekspor Gas ke Eropa Jadikan Penjajah Zionis Negara Adidaya


Siprus, Yunani dan negara Penjajah Zionis hari Kamis (02/01) menandatangani perjanjian Jaringan Pipa East Med pasca pertemuan ketiga belah pihak di Athena. Perdana Menteri Penjajah Zionis Benjamin Netanyahu menganggap bahwa perjanjian untuk mengekspor gas ke Eropa ini akan mengubah Penjajah Zionis menjadi kekuatan besar.

Perdana Menteri Yunani mengatakan bahwa perjanjian ini sangat penting dan menjadi tonggak dalam kerjasama substantif antara ketiga negara. Presiden Republik Siprus juga menggambarkan perjanjian itu sebagai “bersejarah”, melihat dari sisi tujuannya sebagai ladang kerja sama, dan bukan ajang persaingan di Timur Tengah.

Adapun Netanyahu, sebelum pertemuan itu mengatakan bahwa penandatanganan itu akan merevolusi bidang energi. Ditambahkannnya “Kami telah membentuk aliansi di Mediterania timur, yang sangat penting bagi masa depan energi negara Penjajah Zionis dan mentransformasinya menjadi negara adidaya di bidang ini, serta stabilitas kawasan.”

“Pipa gas yang akan kami kerjakan sekarang – yang Menteri Energi (Yuval) Steinitz kerjakan selama beberapa tahun – sedang merevolusi citra energi Penjajah Zionis,” tambah Netanyahu.

Proyek pipa East Med akan memanjang lebih dari 1.900 km dengan biaya pembuatannya sekitar enam miliar euro. Itu dijadwalkan akan menjadi jalur gas alam mulai dari tahun 2025 dari negara Penjajah Zionis dan Siprus ke Yunani, Italia dan pasar Eropa lainnya.

Penandatangan hari ini dilakukan pasca selesainya operasi pemompaan gas percobaan yang dilakukan oleh Noble Energy untuk memompa gas dari ladang Leviathan di laut Mediterania.

Pemerintah Eropa telah menyepakati dengan Tel Aviv tahun lalu untuk melanjutkan proyek tersebut, dan kapasitas awalnya diperkirakan mencapai sepuluh miliar meter kubik gas per tahun.

Langkah itu diambil pasca beberapa pekan Turki dan Libya menandatangani perjanjian untuk membuat perbatasan di laut Mediterania, dalam suatu langkah yang ditentang oleh Yunani, Siprus dan negara Penjajah Zionis.

Proyek pipa yang menjadi milik perusahaan IGI Poseidon, merupakan sebuah perusahaan patungan antara perusahaan gas alam Yunani DEPE dan perusahaan energi Italia Edison (i7).

——————

Sumber: www.aljazeera.net, terbit: 03/01/2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *