MoU Ekspor Gas “Israel” ke Mesir 15 M Dollar

Perusahaan Israel “Delek” telah menandatangani MoU untuk memasok gas Israel ke Mesir senilai 15 miliar dolar selama 10 tahun.
 
Perusahaan yang mengkhususkan diri pada eksplorasi dan produksi dalam siaran pers yang salinannya didapatkan oleh “Anatolia” menyatakan: Senin telah ditandatangani dua kesepakatan perusahaan tersebut  dengan perusahaan Noble Energy yang berkantor di Texas dan perusahaan asal Mesir Dolphinus untuk mengekspor gas Israel ke Mesir.
 
Ditegaskan bahwa gas yang akan diekspor tersebut bersumber dari ladang “Lothian” dan “Tamar” di lepas pantai Mediterania, masing-masing bernilai 7,5 miliar dolar.
 
Berdasarkan kesepakatan tersebut, 3,5 miliar meter kubik gas akan diekspor setiap tahunnya dari setiap ladang gas Israel tersebut.
Kerja dan produksi sudah berlangsung di lapangan gas Tamar, sementara proses pembangunan di Lothian berlangsung, dan diperkirakan akan mulai berproduksi tahun depan.
 
“Delek” mengatakan dalam pernyataannya bahwa 32 miliar meter kubik gas akan diekspor ke Mesir dari ladang Lothian selama periode sepuluh tahun senilai $ 7,5 miliar. Demikian juga jumlah yang sama dan nilai yang sama akan diekspor dari ladang gas Tamar.
Dia menunjukkan bahwa pipa dari Eastern Mediterranean Gas Company (Mesir) akan digunakan untuk transportasi gas. Ini adalah jalur yang sama yang pernah digunakan untuk mengirim gas Mesir ke Israel beberapa tahun yang lalu.
 
Dia menambahkan “Para penjual dan pembeli memiliki berbagai opsi potensial untuk transportasi gas ke Mesir, termasuk diantaranya penggunaan pipa yang melewati Yordania, dan / atau masuknya penjual ke dalam negosiasi dengan Perusahaan Gas Mediterania Timur untuk mengangkut gas melalui jalur pipa-pipanya saat ini ke Mesir. Sebagaimana juga sedang berlangsung studi optional jalur Pipa-pipa baru yang menghubungkan ladang gas Israel dan Mesir. “
 
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik penandatanganan kesepakatan untuk mengekspor gas Israel ke Mesir tersebut. “Saya menyambut baik kesepakatan bersejarah ini, yang baru saja diumumkan, untuk mengekspor gas alam Israel ke Mesir,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan tertulis yang salinannya dikirim ke Anatolia oleh kantornya.
 
Dia menambahkan: “Kesepakatan ini akan memberikan kontribusi miliaran ke dalam perbendaharaan negara, yang nantinya akan dibelanjakan untuk layanan pendidikan dan kesehatan dan kesejahteraan bagi kepentingan warga Israel.”
 
“Banyak yang tidak percaya pada rencana gas tersebut.  Kami telah melakukannya karena kami mengetahui bahwa hal itu akan menambah kekuatan bagi keamanan, ekonomi dan hubungan regional kami, namun di atas segalanya, hal itu akan memperkuat rakyat Israel,” kata Netanyahu (Mugtama/i7).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *