Mesir Buka Gerbang Rafah untuk Jamaah Haji dari Gaza

aspacpalestine.com – Rafah. Otoritas Mesir membuka daerah perbatasan gerbang Rafah untuk kegiatan ibadah haji, Senin (14/8/2018). Pembukaan tersebut dikhususkan bagi jamaah haji dari Gaza ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Sementara, wartawan aljazeera Hisyam Zaqut menunjukkan bahwa prosedur di gerbang Rafah berjalan lancar. Zaqut menjelaskan bahwa tiga bus yang membawa 150 jamaah haji telah keluar dari gerbang Rafah.

Badan Penyeberangan dan Perbatasan Kementerian dalam negeri di Gaza mengatakan bahwa otoritas Mesir telah membuka gerbang Rafah pada Senin pagi. Gerbang Rafah akan dibuka selama 4 hari berturut-turut untuk perjalanan Haji. Tercatat, bahwa diperkirakan jumlah haji yang meninggalkan Gaza hari ini, sekitar 800 jamaah haji.

Badan tersebut mencatat bahwa jumlah jamaah haji Jalur Gaza pada tahun ini sekitar 2500 jamaah. Diperkirakan jamaah haji yang berangkat melalui jalur penerbangan yaitu tiga penerbangan setiap harinya. Jalur penerbangan tersebut dimulai dari bandara Kairo menuju ke tanah suci.

Ratusan jamaah haji berpergian dari pagi dini hari dan berkumpul di aula tunggu di bagian sisi Palestina dari gerbang Rafah. Sementara itu, bus-bus mulai melintasi gerbang-gerbang yang membatasi antara Gaza dan Mesir.

 

Sumber: aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *