Mesir Buka Gerbang Perbatasan Rafah Jumat – Sabtu

Kairo, 23-03-2018. Kedutaan Besar Palestina di Kairo mengumumkan dibukanya gerbang perbatasan Rafah pada hari Jumat dan Sabtu di kedua arah.

Pihak kedutaan menjelaskan dalam sebuah pernyataan singkat Senin malam (19/03) bahwa pihak berwenang Mesir akan membuka perbatasan Rafah pada hari Jumat dan Sabtu bagi musafir yang terlantar dan kasus kemanusiaan di kedua arah.

Diab Al-Louh, Duta Besar Palestina di Kairo dan Wakil Tetapnya untuk Liga Arab, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Abdul Fatah Al-Sisi atas upayanya yang terus-menerus dalam meringankan penderitaan rakyat Palestina, juga kepada dinas keamanan Mesir yang menurutnya senantiasa memberikan segala bantuan yang mampu dilakukannya. Dia berharap agar Mesir selalu diberikan kestabilan dan kemajuan dan rakyatnya diberikan keamanan dan ketentraman.

Kedutaan Palestina di Kairo mengumumkan pada Rabu bulan lalu (22/02) bahwa pihak berwenang Mesir memutuskan untuk “tiba-tiba” menutup gerbang perbatasan Rafah setelah membukanya selama satu hari, dari yang dijadwalkan buka selama 4 hari.

Pihak Kedutaan mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa “pihak berwenang Mesir telah menyampaikan kepada pihak kedutaan atas penutupan gerbang perbatasan Rafah secara mendadak.”

Gerbang perbatasan Rafah, menghubungkan Jalur Gaza dengan Mesir, dan ditutup oleh pemerintah Mesir hampir sepenuhnya, sejak Juli 2013 karena alasan yang diistilahkan sebagai “keamanan”, dan dibuka untuk periode yang jarang bagi musafir kasus-kasus kemanusiaan.

Gerbang perbatasan tersebut saat ini dikelola oleh pemerintah rekonsiliasi Palestina, setelah Hamas menyerahkannya pada bulan November lalu, sesuai dengan perjanjian rekonsiliasi yang ditandatangani di Kairo pada 12 Oktober.

Menurut statistik Kementerian Dalam Negeri di Gaza, ada 30.000 orang yang terdaftar oleh otoritas berwenang sebagai musafir yang tergolong dalam kasus-kasus kemanusiaan(palinfo/i7).

About Kholid Abdullah

Kholid Abdullah bekerja sebagai tutor Bahasa Inggris dan Bahasa Arab di beberapa lembaga swasta. Selain mengajar, aktifitas harian yang rutin dilakukannya adalah melakukan alih bahasa dari media berbahasa Inggris dan Bahasa Arab untuk mengisi konten situs ASPAC (Asia Pacific Community for Palestine). Saat ini Kholid sedang menyusun sebuah ebook “Antologi Puisi & Nyanyian Perlawanan Palestina”. Untuk mengirim pesan kepadanya, bisa melalui email: interiorasap@gmail.com.
View all posts by Kholid Abdullah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *