Menteri Sudan Serukan Normalisasi dengan Tel Aviv

aspacpalestine.com – Khartoum. Koran Israel Haartez menyambut baik pernyataan Menteri Sudan, Mubarak Al-Fadhil Al-Mahdi, yang menyatakan dukungannya untuk membangun hubungan resmi dengan Israel. Fadhil mengatakan bahwa orang-orang Palestina telah menjual tanah mereka.

Saat interview dengan saluran tv sudan, Selasa (22/8/2017), Fadhil mengatakan bahwa seharusnya tidak ada rasa keberatan terkait gagasan normalisasi hubungan dengan Israel. Fadhil menunjukkan bahwa ini dapat melayani kepentingan Sudan.

“Orang-orang Palestina telah menormalisasi hubungan mereka dengan Israel. Orang-orang Palestina mendapatkan pajak uang dari Israel dan listrik dari Israel juga. Orang-orang Palestina duduk dengan Israel dan berbicara dengan orang Israel. Memang benar ada konflik yang terjadi antara Palestina-Israel, tetapi mereka duduk bersama dengan Israel”, ujar Fadhil.

Al-Mahdi (Presiden dari Partai Umma) mengklaim bahwa orang-orang Palestina memikul tanggungjawab yang berat atas cobaan berat mereka. Negara-negara Arab juga banyak membuat banyak kesalahan yang berkaitan dengan Palestina, termasuk abstainnya dari voting terkait rencana pembagian, selama Majelis Umum PBB pada tahun 1947, katanya.

Salah satu langkah yang telah disarankan Israel kepada negara Eropa adalah, dengan memberikan bantuan finansial kepada Sudan untuk membantu menghadapi hutang eksternal yang luar biasa yang melebihi 50 juta dolar dan juga meninjau kembali kemungkinan untuk membatalkan sebagian dari hutang mereka.

 

Sumber: middleeastmonitor.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *